Aturan Penting Dalam Memilih dan Menggunakan Kursi Mobil Bagi Bayi

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan memangku anak ketika berkendara menggunakan mobil sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini sangat beresiko dan membahayakan keselamatan si kecil. Bisa saja bayi yang sedang duduk di pangkuan Anda terbentur atau terjepit ketika mobil tiba-tiba berhenti.

Sabuk pengaman yang biasa digunakan oleh orang dewasa tidak akan sesuai dengan postur tubuh bayi yang masih kecil. Maka dari itu diperlukan kursi khusus untuk bayi ketika Anda membawanya bepergian di dalam mobil. Apabila Anda membeli kursi mobil khusus bayi makan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya si kecil merasa nyaman dan aman ketika berada di dalam kendaraan tersebut.

Kursi Mobil Khusus Bayi

Berikut Ini Aturan Penting Dan Panduan Dalam Memilih Kursi Mobil Khusus Bayi

  • Pilihlah tempat dan posisi yang aman dan nyaman untuk meletakkan bayi di dalam mobil. Sebaiknya tempatkan kursi khusus bayi di bagian tengah dari kursi belakang karena posisi tersebut paling aman bagi si kecil. Jangan pernah menempatkan anak atau bayi di kursi depan karena posisi tersebut bisa membahayakan bayi.
  • Menciptakan suasana menyenangkan bagi bayi dengan memilih jenis kursi mobil yang berkualitas dan aman untuk digunakan.
  • Pastikan sabuk pengaman yang terdapat pada kursi bayi sesuai dengan ukuran tubuh bayi dan terpasang rapi.
  • Tali pengaman yang terpasang harus benar dan kuat. Bagian penjepit dada yang menghubungkan dua tali pengikat dari bahu harus terletak pada bagian ketiak bayi.
  • Gunakan kursi mobil khusus bayi yang menggunakan lima pengikat. Kursi jenis ini dinilai paling aman bagi bayi bila dibandingkan dengan kursi yang hanya menggunakan tiga pengikat saja.
  • Sebelum Anda membeli kursi mobil untuk bayi sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan kursi mobil yang Anda beli untuk bayi cocok dengan posisi kursi mobil Anda.
  • Tempatkan kursi mobil untuk bayi pada posisi yang tepat. Kursi mobil untuk bayi harus menghadap ke belakang atau berlawanan arah dengan posisi kursi temapt duduk orang dewasa.
  • Apabila bayi menangis sebaiknya Anda tidak menggendongnya ketika mobil sedang berjalan. Biarkan bayi pada tempat tidurnya dan tenangkan secara perlahan. Apabila bayi tetap rewel sebaiknya Anda berhenti terlebih dahulu untuk menenangkan bayi.
  • Sebelum membeli kursi mobil untuk bayi, pastikan dan cek label sertifikasi keamanan dari kursi tersebut. Selain itu, sebaiknya Anda juga membeli barang baru daripada membeli kursi mobil bekas. Hal ini untuk menjamin keamanan bayi Anda.
  • Biasakan untuk selalu rutin memeriksa kelayakan dari kursi mobil yang Anda gunakan. Segera perbaiki apabila ada bagian kursi yang rusak. Alangkah lebih baiknya apabila mendapati bagian kursi yang rusak segera ganti dengan kursi yang baru untuk memastikan kenyamanan dan keamanan si kecil.
  • Gunakan penutup kursi mobil yang tepat ketika dalam kondisi cuaca dingin. Anda bisa menutupinya dengan selimut supaya si kecil tidak kedinginan.
  • Disarankan untuk menyesuaikan kursi mobil yang Anda beli dengan usia, tinggi badan dan berat badan si kecil.

Itulah beberapa saran dalam memilih kursi mobil yang aman dan nyaman bagi si kecil ketika Anda mengajaknya bepergian dan jalan-jalan menggunakan mobil. Semoga saran yang penulis berikan bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini mempunyai bayi atau anak batita.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517