Aturan Dalam Menjemur Bayi Yang Wajib Anda Pahami

Menjemur bayi yang baru lahir terbilang sebagai salah satu hal yang sangat bagus untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Sinar matahari pagi memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak hanya untuk bayi, bahkan untuk orang dewasa pun sinar matahari pagi sangat bagus.

Seperti yang kita ketahui kbahwa bayi yang baru lahir masih memiliki organ tubuh yang terbilang belum berfungsi secara sempurna. Salah satunya organ dalam bayi yang baru lahir belum memiliki kemampuan untuk mengolah bilirubin secara sempurna sehingga dengan adanya sinar matahari maka hal ini akan sangat membantu lhal tersebut. Bahkan sinar matahari berguna untuk mendukung tumbuh kembang bayi secara sempurna.

Sinar matahari pagi kaya akan kandungan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tulang dalam upaya mendukung penyerapan kalsium secara sempurna. Dengan begitu maka tumbuh kembang bayi akan berlangsung dengan sangat baik. Namun dalam menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda pahami guna kesehatan bayi. Apa saja aturan tersebut?

Beberapa Aturan Dalam Menjemur Bayi

Perhatikan Waktu Yang Tepat

Salah satu hal yang harus Anda ketahui dalam menjemur bayi yang baru lahir yaitu memperhatikan waktu yang tepat. Jemurlah bayi di sinar matahari pagi yaitu pada jam 7 hingga jam 8 pagi dengan rentang waktu antara 15 hingga 20 menit. Jangan menjemur bayi diatas jam 8 pagi karena hal tersebut bisa membahayakan kesehatan bayi. Perlu Anda ketahui bahwa sinar matahari yang sudah panas mengandung ultraviolet yang berisiko terhadap kerusakan kulit.

Tidak Menggunakan Pakaian

Ketika menjemur bayi sebaiknya jangan menggunakan pakaian, lepaskan pakaian bayi dan hanya kenakan popok saja. Hal ini supaya sebagian besar tubuh bayi terkena sinar matahari yang begitu hangat. Dengan begitu maka seluruh permukaan tubuh bayi akan terkena sinar matahari yang kaya akan vitamin D.

Jangan Hanya Dalam Posisi Terlentang

Posisi saat menjemur bayi sebaiknya tidak hanya pada posisi terlentang saja, namun usahakan untuk mengganti posisi sesekali dengan tengkurap sehingga semua bagian tubuh bayi bisa terkena sinar matahari dengan sangat baik. Namun sebaiknya Anda mengawasi secara penuh supaya hal ini tidak berbahaya bagi bayi.

Bukan Hanya Untuk Bayi yang Baru Lahir

Menjemur bayi tidak hanya untuk bayi yang baru lahir. Namun hal ini juga berlaku untuk bayi yang berusia batita atau balita. Hal ini karena semua orang atau semua umur membutuhkan vitamin D untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tulang. Maka dari itu sebaiknya menjemur bayi jangan hanya terfokus pada bayi yang baru lahir saja.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung Ke Bagian Mata

Usahakan supaya paparan sinar matahari tidak langsung ke bagian mata bayi atau ke retina. Hal ini karena paparan sinar matahari langsung akan sangat membahayakan kesehatan mata bayi. Gunakan penutup mata sehingga hal ini akan melindungi mata bayi.

Perhatikan Cuaca

Sebelum memutuskan menjemur bayi sebaiknya perhatikan cuaca, jika cuaca berangin maka sebaiknya jangan menjemur bayi karena hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Sebaiknya jemur bayi dalam kondisi cuaca cerah supaya tidak mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi.

Demikian beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam menjemur bayi. Lakukan kegiatan ini secara rutin teratur karena menjemur bayi juga menjadi salah satu cara menstimulasi tumbuh kembang bayi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517