Atasi Tantrum Pada Anak Dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Tantrum pada anak yaitu suatu ledakan emosi, yang mana biasanya akan dikaitkan dengan anak-anak atau bahkan orang-orang yang tengah berada dalam suatu kesulitan emosional. Tantrum ini biasanya di tandai dengan sikap keras kepala, menangis sejadi-jadinya, menjerik, berteriak, pembangkangan dan masih banyak lagi beberapa hal yang menandai kalao si kecil terkena tantrum.

Tantrum sendiri adalah salah satu bentuk yang paling umum dari sikap atau bahkan prilaku yang tengah bermasalah yang kerap terjadi pada anaka-anak, namun kondisi ini cenderung akan menurun seiring dengan berjalannya pertumbuhan si kecil. Untuk balita sendiri, tantrum ini bisa dianggap sebagai kondisi yang normal, bahkan bisa di katakana sebagai bentuk tolak ukur dari kekuatan pengembangan karakter seorang anak.

Nah, ketika si kecil terkena tantrum, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang sederhana, yaitu seperti di bawah ini:

1. Berikan si kecil cemilan

Ketika buah hati Anda terserang tantrum, maka Anda dianjurkan untuk memberikannya cemilan. Karena bisa jadi si kecil tantrum karena ia tengah kelaparan, ketika si kecil mendapatkan cemilan atau bahkan minuman yang ia sukai, pastinya ia akan terhindar dari tantrum tersebut. Dan pastikan Anda juga memberikannya cemilan yang kaya akan kandungan gizi yang baik juga seimbang.

2. Minta anak untuk tidur siang

Jika lapar bukanlah penyebab tantrum pada anak, maka bisa jadi penyebabnya adalah masalah dalam jam tidur. Dengan begitu, Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan tidur siang. Namun biasanya, di usianya yang masih balita, kerap kali ia menolak untuk tidur siang dan memilih untuk terus bermain. Jika sudah seperti itu, Anda harus pintar-pintar untuk membujuknya.

3. Berjalan-jalanlah

Anda juga bisa mengajaknya berjalan-jalan, baik ke mal atau bahkan hanya di sekitaran rumah Anda. Karena bisa jadi penyebab si kecil tantrum yaitu karena perasaan bosannya yang terus-menerus berada di dalam rumah. Bahkan, adanya perubahan suasana lingkungan juga bisa merubah suasana hati dan pikiran si kecil.

4. Membaca buku di tempat tidur

Sebelum si kecil ‘meledak’, Anda bisa mengambil setumpukkan buku faforit si kecil untuk membacanya bersamanya. Dan pastinya, Anda akan memahami betul kapan si kecil membutuhkan perhatian lebih dari Anda juga keluarga, dan Anda harus bisa memusatkan kembali perhatian si kecil. Jika ini merupakan waktunya Anda bersama si kecil yang memang ia butuhkan, maka Anda bisa mengajaknya untuk bermain. Baik di dalam atau di luar rumah.

5. Alihkan perhatiannya

Cara ini merupakan salah stau cara yang ampuh untuk Anda lakukan guna mengatasi tantrum pada anak. Anda hanya perlu menggunakan jari Anda dan tunjukkan pada suatu hal yang memang bisa mengalihkan perhatian si kecil, dan ketika itu diskusikan apa yang Anda tunjuk dengan si kecil.

Itu dia tadi beberapa hal sederhana yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi tantrum pada anak. Ketika si kecil tantrum, maka kesabaran Anda benar-benar tengah di uji, dan Anda harus berusaha dengan keras untuk mengatasi tantrum anak tersebut. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This