Aromaterapi Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Pada umumnya ibu hamil akan mengalami perubahan emosi akibat dari pengaruh hormone kehamilan. Terkadang hal ini membuat sebagian ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga tak jarang membuat ibu hamil merasa stress. Pikiran yang stress sangat beresiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu cara yang bisa membuat pikiran ibu hamil kembali nyaman dan tidak stress.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan aromaterapi. Seperti yang kita ketahui bahwa aromaterapi merupakan sebuah metode pengobatan untuk mengembalikan serta mengatur kinerja organ. Metode pengobatan dengan aromaterapi biasanya menggunakan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang beraroma.

Aromaterapi Bagi Ibu Hamil

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Jenis Aromaterapi Yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Aromaterapi akan memberikan efek menenangkan pikiran dan mengatasi berbagai keluhan ringan seputar kehamilan. Aromaterapi aman digunakan oleh ibu hamil dan tidak akan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan. Akan tetapi, meskipun aromaterapi aman untuk digunakan pada waktu hamil sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis aromaterapi dan manfaatnya.

  • Minyak kayu putih

Pada waktu hamil terkadang seorang wanita mengalami gangguan kesehatan seperti terkena flu atau filek. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa menggunakan kayu putih. Aroma kayu putih akan melegakan hidung yang tersumbat atau sakit kepala akibat flu. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat kemudian Aromanya.

  • Aroma lavender

Aromaterapi ini bermanfaat untuk mengatasi keluhan atau gejala morning sickness pada ibu hamil seperti mual dan muntah. Selain itu, aroma lavender akan membuat ibu hamil merasa lebih rileks sehingga berguna untuk mendapatkan kualitus tidur malam yang baik.

  • Aroma geranium dan lemon

Aroma tersebut bermanfaat untuk meredakan kaki bengkak dan pegal-pegal pada ibu hamil ketika memasuki kehamilan tahap akhir (trimester ketiga). Untuk menggunakan aroma ini Anda bisa mencampurkan  ke dalam air kemudian dipakai untuk berendam. Selain itu, untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki, Anda bisa menggunakan aroma tersebut dengan campuran minyak zaitun untuk ramuan oles ketika melakukan pemijatan pada kaki.

  • Aroma minyak jahe

Aroma yang khas dari minyak jahe sangat berguna untuk membuat pikiran ibu hamil supaya lebih tenang. Selain itu, aroma minyak jahe bermanfaat untuk melancarkan sistem sirkulasi darah dan mengatasi otot yang tegang. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak jahe pada kaki atau bagian tubuh lain yang terasa pegal.

Demikian beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan sebagai aromaterapi. Minyak esensial sangat bermanfaat dalam menstabilkan hormon yang meningkat ketika hamil. Hal ini tentunya akan membuat pikiran dan perasaan ibu hamil menjadi lebih tenang dan nyaman sehingga terhindar dari stres.

Related Posts

Share This