Apakah Susu Formula Dibutuhkan Sebagai Susu Tambahan?

Penting untuk bunda ketahui, bahwa ASI (Air Susu Ibu) merupakan salah satu sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi, akan tetapi ketika usia si kecil mulai memasuki usia 6 bulan, jika di butuhkan maka sebaiknya bunda mulai memperkenalkan kepada si kecil susu tambahan atau susu formula guna menambah asupan gizi si kecil.

susu formula untuk bayi

Makanan terbaik bagi bayi yaitu ASI eksklusif yang diberikan oleh bunda, dan sebaiknya ASI ini diberikan dari bayi umur 0 tahun sampai minimal si kecil berusia 6 bulan, guna pertumbuhannya yang optimal. ASI juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, sehingga bayi yang diberikan ASI cenderung sangat jarang terkena penyakit. Ketika usia si kecil 6 bulan, dan bunda akan memperkenalkannya kepada susu formula, maka sebaiknya bunda perkenalkan dengan susu formula terbaik yang memang cocok dengan kebutuhan nutrisi si kecil.

ASI memiliki kandungan kaya akan asam dokosaheksanoat (DHA), asam arakhidonat (AA), dan bahkan taurin yang sangat dibutuhkan guna membentuk sejumlah sel otak bayi. Dan itulah alasannya mengapa ASI merupakan sumber nutrisi yang baik bagi si kecil, beda halnya dengan susu formula untuk bayi.

Namun setelah usia si kecil lebi dari 6 bulan, maka seiring dengan bertambahnya berat juga tinggi badannya, maka pastinya ia membutuhkan asupan gizi yang mungkin saja tidak bisa tercukupi oleh ASI saja. Oleh karena itu, bayi di atas 6 bulan mulai di sarankan untuk mengenal susu formula serta makanan pendamping ASI yang baik untuk di konsumsi si kecil.

Walaupun susu formula tidak memiliki kandungan sebaik ASI bunda, akan tetapi komposisi susu formula yang akan bunda berikan sebaiak makanan pendamping ASI sebaiknya mendekati komposisi yang dimiliki ASI, yaitu memiliki komposisi karbohidrat, protein, juga lemak, serta nutrisi lainnya yang sangat penting guna membantu fungsi pencernaan si kecil, pertumbuhan juga perkembangan otak si kecil.

Di bawah ini ada beberapa komposisi susu formula yang baik diberikan kepada si kecil sebagai susu tambahan, yaitu:

  1. Mengandung ALA/LA dan DHA/AA
  2. Mengandung asam sialat, kolin, zat besi, tirosin + triptophan, dan seng
  3. Mengandung prebiotik FOS, vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, dan seng
  4. Mengandung prebiotik FOS, kalsium, dan fosfor yang tepat
  5. Mengandung kalsium, vitamin D3, fosfor, magnesium, protein, dan vitamin
  6. Mengandung nutrisi makro dan mikro dengan kandungan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan bayi.
  7. Pastikan susu formula yang akan diberikan kepada bayi tidak memiliki tambahan gula pasir guna menghindari risiko obesitas juga diabetes pada bayi.

Sesuai dengan pertambahan usianya, maka si kecil akan minum susu formula yang berperan sebagai susu tambahan dengan jumlah yang lebih banyak. Karena si kecil akan membutuhkan 150-200 ml susu formula untuk bayi per kilogram berat badan setiap harinya. Oleh karena itu, jika berat si kecil 5 kg, maka ia akan membutuhkan susu formula sebanyak 750-1.000 ml dalam sehari.

Related Posts

Share This