Apakah Stres Pada Ibu Hamil Itu Berbahaya?

Hai bumil! Perlu bumil ketahui, bahwa ketika Anda mendapatkan kehamilan, ternyata bukan hanya fisik yang akan berubah, bahkan emosi ibu hamil juga akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting sekali Anda untuk mempersiapkan fisik juga mental secara matang ketika Anda hendak merencanakan kehamilan. Karena adanya janin di dalam kandungan serta adanya perubahan hormon selama kehamilan bisa mempengaruhi emosi juga mental Anda.

Nah, jika kondisi ini tidak didukung dengan baik oleh lingkungan serta keluarga yang harmonis, maka ibu hamil akan dengan mudah mengalami stress pada ibu hamil, terutama bagi Anda wanita karir yang masih berkerja ketika Anda telah mendapatkan kehamilan, dan stress ini nantinya bisa menjadi masalah pada ibu hamil.

Di bawah ini ada beberapa hal yang pastinya akan terjadi pada ibu hamil ketika ibu hamil tersbeut mengalami stres pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Resiko Alergi Pada Janin

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan, bahwa stress yang kerap kali dialami oleh ibu hamil mampu meningkatkan resiko alergi terhadap bayi ketika mereka telah lahir. Dan hal ini akan terjadi akibat dari adanya stres, karena janin yang berada di dalam kandungan akan menyerap hormon kortisol yang diproduksi oleh ibu hamil ketika ia mengalami stres. Dan bayi yang memiliki tingkat kadar hormon kortisol yang tinggi akan memiliki risiko lebih besar mengalami alergi.

  1. Meningkatkan Resiko Abortus (Keguguran)

Ketika ibu hamil mengalami stres, pastinya akan beresiko buruk terhadap kesehatan janin yang berada di dalam kandungan. Pada kondisi yang lebih parah, hal ini justru bisa menyebabkan ibu hamil kehilangan janin atau dalam kata lain ibu hamil bisa mengalami keguguran.

  1. Membuat Sistem Kekebalan Bayi Berkurang

Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh Jurnal Brain, Behavior anda Immunity, bahwa ibu hamil yang kerap kali mengalami tegang, panik, serta rasa cemas yang berlebihan mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh bayi ketika mereka berusia 6 bulan.

Oleh karena itu, maka sebaiknya ibu hamil terutama bagi wanita karir yang tengah mengandung dianjurkan guna menghindari kondisi stres serta sebisa mungkin untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Hal ini semata-mata memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil juga bayi di kemudian harinya.

Nah, adapun tips atau cara untuk menghindari stress selama kehamilan yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat serta menjaga pola makan yang baik, bahkan menjalani masa kehamilan dengan rasa bahagia juga penuh dengan perasaan gembira. Dan tidak ada salahnya untuk Anda meluangkan waktu guna melakukan rileksasi serta melemaskan sejumlah otot yang tegang, juga menjernihkan kembali pikiran Anda dari kepenatan yang memang bisa menyiksa diri Anda sendiri.

Related Posts

Share This