Apakah Sering Buang Air Kecil Merupakan Ciri Infeksi Saluran Kencing?

Banyak diantaranya yang bertanya, sering buang air kecil tanda penyakit apa? Apakah benar sering buang air kecil merupakan ciri infeksi dari saluran kencing? Memang dikatakan bahwa terlalu sering buang air kecil atau bahkan terlalu sering mendapatkan dorongan untuk kencing dengan frekuensi yang cepat, padahal Anda tidak banyak minum, dan hal ini bisa saja terjadi karena adanya gangguan di bagian saluran kencing Anda.

sering buang air kecil tanda penyakit apa

Jika di lihat dari istilah kedokteran, sering buang air kecil ini lebih dikenal dengan sebutan urinary frequency, yang artinya adanya sebuah dorongan untuk terus berkemih setiap kalinya dalam satu hari, hal ini bisa saja terjadi di malam hari ataupun siang hari, akan tetapi dalam jumlah urin yang masih normal. Gangguan yang terjadi seperti ini juga kerap dibarengi dengan perasaan ingin kencing dengan segera tanpa bisa di tahan. Nah, gejala ini juga harus bisa Anda bedakan dengan apa yang disebut dengan polyuria, polyuria ini merupakan jumlah urine yang dikeluarkan yang jumlahnya lebih banyak 3 liter setiap harinya.

Gangguan salurabn kencing atau urinary frequency ini pada umumnya terjadi karena adanya gangguan atau masalah yang terjadi pada saluran kemih tepat di bagian bawah, dimisalkan terjadinya peradangan pada area tersebut. Nah, penyebab yang memang kerap terjadi yaitu adanya sebuah infeksi yang terjadi di saluran kemih. Namun penyebab yang paling umum dan sering di alami oleh banyak orang yaitu adanya pembesaran prostat, dan hal ini biasanya terjadi pada pria yang lanjut usia.

Penyebab lainnya dari penyakit sering buang air kecil yaitu bisa juga dikarenakan pengaruh dari obat yang di konsumsi, minum alkohol, kopi, masa kehamilan, serta beberapa jenis gangguan terhadap saluran kemih lainnya.

Nah, agar Anda bisa mengenali gejala seringnya buang air kecil, yaitu dengan cara mengevaluasi riwayat penyakit yang pernah Anda derita. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu, lihatlah perjalanan keseharian Anda, misalkan, berapa jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda dan berapa jumlah cairan yang dikeluarkan dari saluran kencing. Hal ini dilakukan guna membedakan dengan gejala penyakit kencing polyuria.

Nah, langkah kedua Anda bisa melihat, apakah ada gejala-gejala yang mengarah ke gangguan saluran kemih, misalnya yaitu sulitnya menahan hasrat untuk buang air kecil, adanya perasaan tidak nyaman ketika buang air kecil, dan beberapa hal lainnya. Terpenting yang harus Anda ketahui yaitu aktivitas seksual yang memang telah Anda lakukan dengan pasangan.

Tahapan selanjutnya, coba Anda rasakan, apakah Anda mengalami demam yang tinggi, merasakan nyeri pada area kelamin, keadaan payudara yang membesar, atau bahkan siklus haid yang tidak teratur jika pada wanita.

Jika beberapa hal tersebut masih terus berlanjut, pastinya Anda harus segera mengkonsultasikan persoalan tersebut kepada dokter, agar hal-hal yang tidak di inginkan tidak terjadi pada kesehatan tubuh Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517