Apakah Semua Jenis Makanan yang Berlabel Alami Merupakan Makanan Sehat?

Makanan sehat. Banyak diantaranya teori yang berkaitan dengan kesehatan yang memang bertebaran di mana-mana, apalagi seiring dengan gencarnya pola hidup sehat. Dan sebagai seseorang yang selalu ingin memiliki kondisi tubuh yang sehat, kita lebih cenderung percaya akan hal-hal tersebut.

Termasuk 9 teori yang mungkin saja Anda percayai, namun nyatanya teori tersbeut hanyalah mitos belaka dan belum diketahui dengan pasti kebenarannya. Yaitu sebagai berikut:

1. Telur Dengan Cangkang Coklat Lebih Sehat Dibanding Cangkang Putih

Kandungan nutrisi yang ada di dalam telur pastinya tidak bisa Anda nilai dari warna cangkang telur itu sendiri. Penting untuk Anda ketahui, kalau warna dari cangkang telur itu hanya bermanfaat untuk menentukan apakah telur tersebut berasal dari unggas jenis apa, apakah dari ayam apa dari bebek.

2. Makanan Segar Lebih Sehat Dibanding Makanan Beku

Pernyataan tersebut memang benar, tapi tidak bisa 100% dibenarkan. Karena nyatanya, sejumlah makanan yang memang Anda sebut dengan makanan segar seperti buah dan sayuran, umumnya justru sudah menempuh jarak yang lumayan jauh, dan ketika itu langsung di pajang di rak-rak toko tanpa menggunakan perlindungan khusus. Dan apakah Anda tahu, ketika itu nutrisi yang terkandung dalam buah atau bahkan syauran tersebut akan berkurang karena adanya paparan sinar matahari, udara serta air.

3. Natrium Dalam Garam Laut Lebih Banyak

Hal tersebut tidaklah benar, karena kandungan natrium yang berada pada garam laut dan garam meja sama-sama banyak.

4. Gula Coklat Lebih Sehat Dibanding Gula Putih

Penting untuk Anda ketahui, sebenarnya gula coklat ini merupakan gula putih yang memang diolah kembali dengan menggunakan tetesan tebu. Dan kandungan yang berada pada tetesan tebu ini bisa membuat gula menjadi coklat serta memiliki kandungan mineral. Akan tetapi kandungan mineral yang ada di dalam gula coklat ini begitu sedikit, sehingga tingkatan untuk kesehatannya jelas berbeda dan kecil jika di bandingkan dengan gula putih.

5. Jus Buah 100% Adalah Sumber Gizi Yang Terbaik

Jus buah memang baik, namun masih jauh lebih baik dengan buah segar yang Anda konsumsi. Karena biasanya, jus buah ini memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Sedangkan buah segar, mereka hanya memiliki kandungan nutrisi juga serat yang masih dalam keadaan utuh.

6. Makanan Organik Lebih Sehat

Beberapa jenis makana organik memang tidak memiliki kandungan obat-obatan, pengawet atau bahkan pemanis buatan. Akan tetapi, bukan berarti makanan tersebut jauh lebih sehat jika di bandingkan dnegan makanan non-organik.

7. Roti Berwarna Gelap Lebih Sehat Dibanding Roti Putih

Ingat, kondisi roti yang memiliki warna gelap tidak selamanya terbuat dari padi-padian yang memang sangat kaya akan kandungan serat. Karena warna tersebut juga bisa saja berasal dari penambahan pewarna atau bahkan rasa.

Maka dari itu, makanan yang memang memiliki label natural atau alami belum tentu merupakan makanan yang sehat. Karena masih ada beberapa makanan alami yang memang tidak baik untuk kesehatan Anda, dan bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda pula.

Related Posts

Share This