Apakah Semua Ibu Hamil Pasti Mengalami Ngidam?

Umumnya, ibu-ibu yang tengah hamil pasti akan menghadapi yang namanya ngidam. Bahkan semua yang mereka inginkan harus di penuhi, dengan alasan si ibu tengah hamil dan itu keinginan si jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Nah, apakah itu benar? Lantas, apa sih ngidam itu? Dan kenapa ibu hamil bisa ngidam?

ciri ciri orang hamil

Perlu kalian tahu, bahwa sebenarnya ngidam itu merupakan satu keadaan dimana seorang itu hamil merasakan mual bahkan sampai muntah yang memang disertai dengan keinginanya untuk memakan sesuatu. Dan biasanya ngidam ini kerap terjadi di awal kehamilan bahkan bisa menjadi ciri-ciri orang hamil. Dan hal ini kerap terjadi pada ibu hamil, namun ingat, ngidam ini tidak terjadi pada semua orang. Di bawah ini ada beberapa hal yang memang bisa mempengaruhi atau faktor penyebab ibu ngidam, diantaranya yaitu:

  1. Pekerjaan
  2. Lingkungan
  3. Psikologis
  4. Makanan
  5. Aktifitas Fisik
  6. dan lain – lain

Sebenarnya, ketika ibu hamil tengah mengidam, sebenarnya kita tidak harus selalu menuruti apa yang diinginkannya, mengapa? Karena biasanya ngidam ini akan terasa ketika si ibu hamil tengah memerlukan sesuatu, dan hal ini biasanya akan terjadi karena adanya insting atau panggilan alam, ngidam juga merupakan tanda-tanda kehamilan. Salah satu contohnya yaitu, ketika si ibu hamil tengah ingin memakan coklat, maka itu artinya ibu hamil tengah kekurangan kansungan gula di dalam tubuhnya. Dan itu hanyalah sebuah sinyal, karena ibu tengah kekurangan suatu kandungan atau bahkan gizi di dalam tubuhnya.

Bahkan tidak di pungkiri lagi, kalau ngidam yang di sertai dengan mual bahkan muntah akan sangat merepotkan. Bahkan ibu hamil akan susah untuk melakukan aktivitas.  Nah, di bawah ini ada beberapa cara alami yang bisa ibu hamil terapkan guna mengurangi rasa mual ketika ngidam, yaitu sebagai berikut:

  1. Daun Dadap

Ibu hamil bisa menggunakan ramuan daun dedep agar bisa mengurangi rasa mual ketika hamil atau bahkan ketika ngidam. Cara mengolahnya cukup gampang, cukup siapkan daun dedep yang disertai dengan daun asam muda, cucilah sampai bersih, setelah itu didihkan 2 gelas air dan masukkanlah daun sampai air tersisa untuk satu gelas saja. Minumlah ramuan tersebut secara teratur selagi hangat.

  1. Jahe

Ramuan jahe juga bisa mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Dan hal ini telah berhasil di teliti di Thailand juga Denmark. Bukan hanya itu, jahe juga tidak memiliki efek samping yang membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Kentang

Bukan hanya jahe, ternyata kentang juga bisa mengatasi mual pada ibu hamil ketika ngidam. Karena terkadang ibu hamil akan merasa mual ketika mereka melihat nasi dan cenderung tidak mau makan nasi, maka salah satu cara untuk memenuhi nutrisi ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi kentang.

  1. Pisang

Ketika ibu hamil mengalami mual ketika mengidam, maka cobalah untuk mengkonsumsi pisang, karena pisang mampu menekan rasa mual.

  1. Bayam

Sayuran bayam memang sangat menyehatkan dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Bayam juga memiliki kandungan yang sama dengan kentang, yaitu B6 yang mampu mengurangi rasa mual ketika ibu hamil ngidam.

Related Posts

Share This