Apakah Penting Imunisasi Bayi Dilakukan?

Imunisasi bayi, imunisasi bayi ini sangatlah penting untuk diberikan kepada bayi, dan biasanya yang diberikan kepada anak-anak atau bayi ini berupa vaksinasi. Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya yang dapat menimbulkan respon terhadap imunitas tubuh yang sangatlah kuat, aktif, juga bertahan sangat lama terhadap sejumlah penyakit yang menyerang tubuh si kecil. Dan biasanya, penyakit ini memiliki ciri dapat menular, menimbulkan rasa sakit dalam jangka panjang, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, vaksinasi atau imunisasi pada bayi ini sangat penting untuk di lakukan.

imunisasi pada bayi

Bisa kita ambil satu contoh, yaitu vaksinasi TBC dengan vaksinasi BCG yang ada di Indonesia, dimana angka atau jumlah terjadinya TB sangatlah tinggi, serta vaksin influenza yang ada di Amerika Serikat, dimana jenis penyakit yang ada cukup merepotkan beberapa kalangan di Negara tersebut, dan juga vaksin meningitis yang diberikan kepada jamaah haji Indonesia yang memang akab berkumpul di Arab Saudi dengan beberapa jamaah lainnya dari berbagai Negara yang banyak di khawatirkan akan membawa penyebab terjadinya Meningitis, padahal di Indonesia sendiri kejadia seperti itu sangatlah jarang bahkan antibiotic untuk jenis penyakit ini masih belum terbentuk.

Maka dari itu, para ahli selalu merekomendasikan imuniasi pada bayi yang mendasar, dan hal itu harus di lakukan oleh bunda pada si kecil. Hal ini dilakukan guna menghindari jenis-jenis penyakit yang marak terjadi di Indonesia, terutama terjadi pada bayi seperti polio serta hepatitis B. Bukan hanya itu, para ahli juga biasanya memberikan imuniasi bayi tambahan, seperti vaksinasi yang diberikan terhadap hepatitis A juga typhus. Dan sebaiknya hal ini di konsultasikan kepada dokter terutama dokter spesialis anak, tanyakan kepada dokter tersebut, apakah perlu atau tidak si kecil di berikan jenis imunisasi ini.

Baca juga : Jenis-jenis Imunisasi Wajib dan Tambahan Untuk Bayi

Masih berbicara mengenai kewajiban orangtua dalam memberikan imunisasi untuk bayi, bahwa untuk saat ini bayi sangat di anjurkan untuk diberikan vaksin, karena hal ini bertujuan untuk menghindari bayi dari berbagai penyakit yang memang dapat menyerap ke dalam tubuhnya, mengingat kondisi bayi masih rentan terhadap penyakit.

Perlu bunda ketahui, bahwa vaksinasi ini juga bisa melindungi si kecil dari beban kesakitan, sehingga bahaya besar dari penyakit yang mampu menyerap tubuhnya bisa ditekan serta di atasi semaksimal mungkin.  Bukan hanya itu, pengaruh imunisasi bayi sangat besar bayi si kecil, serta bagi kesehatan komunitas secara umum.

Memang benar, masih ada beberapa vaksin yang diakui masih menggunakan bibit induksi yang erat hubungannya dengan enzim babi di dalam proses pembuatannya, yang di gunakan sebagai katalisator, namun guna mencapai hasil akhir yang maksimal juga stabil, maka dari itu vaksin ini akan mengalamikembali proses pencucian, pemurnian serta penyaringan, sehingga pada hasil akhir enzim tersebut tidak akan terdeteksi kembali pada vaksin yang beredar. Sehingga bisa diketahui bahwa hasil akhir vaksin terbebas dari beberapa unsur enzim babi tersebut.

Related Posts

Share This