Apakah Penggunaan Kosmetik Berbahaya Untuk Ibu Hamil?

Ketika Anda menjalankan masa kehamilan, pastinya Anda ingin tetap tampil cantik, bukan? Memang selama kehamilan tidak ada salahnya, jika Anda ingin tetap tampil cantik dan menawan, walaupun dalam keadaan perut yang besar. Lantas, apakah penggunaan kosmetik berbahaya untuk ibu juga janin yang ada di dalam kandungan?

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis kosmetik yang akan Anda pergunakan, maka Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih jenis kosmetik tersebut. Jangan sampai kandungan yang ada di dalam kosmetik tersebut dapat membahayakan penggunanya, sehingga penggunaan kosmetik berbahaya untuk ibu hamil.

Berikut ini ada beberapa jenis produk kosmetik berbahaya yang sebaiknya Anda hindari penggunaannya ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan, yaitu sebagai berikut:

Perawatan Rambut Kimiawi

  1. Untuk perawatan rambut, sebaiknya Anda bisa menghindari perawatan rambut yang memang menggunakan bahan kimia seperti yang kerap di lakukan dalam proses rebonding atau bahkan pengeriting rambut, terutama ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan. Mengapa? Karena bahan kimia yang terkandung di dalam obat tersebut bisa masuk kedalam pori-pori kepala serta menyerap kedalam aliran darah, dan hal ini jelas sangat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, bahkan akan meningkatkan resiko lahirnya janin dalam keadaan cacat.
  2. Sebaiknya ibu hamil juga harus menghindari penggunaan cream hair revovers, karena cream ini memiliki kandungan bahan kimia yang sangat mudah di serap oleh kulit, dan ketika diserap oleh kulit pastinya bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Obat Jerawat

  1. Penggunaan obat jerawat yang memiliki kandungan Retinol A yang berfungsi untuk mengelupas bagian kulit yang mati, jika di gunakan dalam jumlah yang banyak makan akan menghambat perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.
  2. Bukan hanya itu, obat jerawat yang memiliki kandungan Benzoil Peroksida, dimana jenis obat ini termasuk kedalam golongan kategori C. Dan itu artinya, dalam study yang telah di lakukan terhadap hewan menunjukkan, bahwa obat jenis ini memiliki efek yang buruk terhadap janin, walaupun belum ada study yang terkontrol terhadap kaum perempuan.
  3. Obat jerawat yang memiliki kandungan Accutane juga berbahaya untuk janin yang ada di dalam kandungan, karena obat jenis ini dilakukan secara oral dalam proses pengobatannya. Dan sebaiknya hal ini dihindari selama kehamilan, sebab bisa menyebabkan resiko janin lahir dengan keadaan cacat bahkan janin bisa mengalami kematian.
  4. Selain itu, obat jerawat yang memiliki kandungan hidrokortison juga diyakini bisa menimbulkan resiko janin lahir dengan cacat atau bahkan janin akan mengalami keracunan ketika berada di dalam kandungan.
  5. Bahkan obat jerawat yang memiliki kandungan salicylic acid juga akan menimbulkan komplikasi terhadap ibu hamil.

Perawatan Kulit

  1. Penggunaan tabir surya pada ibu hamil dimana adanya bahan avobenzone dan oksibenzon yang terkandung di dalam obatnya ternyata sangat mudah di serat oleh kulit, dan itu bisa mempengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.
  2. Banyak diantaranya lation atau bahkan pembersih kulit yang mengandung bahan asam salisilat. Ketika ibu hamil menggunakan lotion ini dalam dosis tinggi, maka bisa menimbulkan cacat terhadap janin.
  3. Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan bahan pengawet dari parabens juga akan menyebabkan sistem reproduksi laki-laki akan menjadi terganggu.
  4. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari produk pemutih kulit yang memiliki kandungan hydroquinone. Karena kandungan ini mampu mempengaruhi sejumlah enzim yang ada di dalam tubuh serta mampu menaham sejumlah bahan alami yang dibutuhkan oleh janin.

Manikur dan Pedikur

  1. Cat kuku yang memang banyak mengandung bahan phathalates. Bahan kimia jenis ini mampu menimbulkan banyak masalah terhadap sistem reproduksi.
  2. Cat kuku yang memiliki kandungan basecoat, top coat dan aseton jika terhirup oleh ibu hamil bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517