Apakah Penggunaan Alat USG Aman bagi Janin?

Alat USG atau Ultra Sono Grafi merupakan suatu alat yang kerap di gunakan untuk mengobservasi janin atau bayi yang ada di dalam kandungan, cara kerja dari alat USG ini yaitu dengan menggunakan gelombang suara dimana gelombang suara tersebut di pancarkan kedalam rahim si ibu, setelah itu di pantulkan kembali melalui media penerima yang setelah itu ditampilkan kedalam layar computer dengan bentuk sesuai dengan aslinya.

Untuk saat ini, USG kandungan menjadi salah satu metode atau cara yang paling ampuh yang banyak di gunakan untuk mengetahui kondisi janin yang ada di dalam kandungan, hal ini dikarenakan usg kandungan dengan alat USG dianggap aman bagi janin juga rahim.

usg kandungan

Bukan hanya itu, pemeriksaan ibu hamil dengan menggunakan alat USG banyak di gunakan karena kita bisa melihat secara langsung apa yang terjadi di dalam kandungan ibu hamil, dan ketika itu ibu hamil bisa melihat keadaan si kecil di dalam kandungan.

Dan berikut ini ada beberapa efek samping yang memang bisa di timbulkan dari pemeriksaan USG, yaitu:

  1. Efek termal
    Gambar janin yang ada di dalam computer dipantau dengan menggunakan indeks termal.
  2. Efek nontermal
    Efek ini akan muncul dikarenakan adanya efek mekanis yang di timbulkan dari tekanan gelombang ultrasonic yang melewati jaringan.

Di samping itu, ada juga tujuan dilakukannya pemeriksaan USG antara lain adalah:

  1. Mengonfirmasi kehamilan setelah usia kandungan di atas 6 minggu.
  2. Untuk Mengetahui usia kehamilan.
  3. Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
  4. Memeriksa kesehatan janin
  5. Mendeteksi lokasi dan mengukur ukuran plasenta
  6. Memperkirakan jumlah cairan ketuban, air ketuban tidak boleh kurang atau berlebih, dan hal ini bisa dinilai lewat USG.
  7. Memeriksa kelainan letak janin dan kemungkinan kelainan pada
  8. Mengenali Kehamilan ganda atau kembar
  9. Mengidentifikasi adanya ancaman keguguran
  10. Mengetahui jenis kelamin janin

Ada sebuah riset yang menunjukkan, bahwa janin yang ada di dalam kandungan bisa mendengar nada-nada yang tinggi yang memang di gunakan pada ultrasonografi. Dan sepertinya gelombang suara yang di hasilkan dari USG ini akan tiba di telinga janin dengan frekuensi yang sebanding dengan nada tinggi yang di hasilkan oleh piano, dan pastinya suara ini tidaklah membahayakan untuk janin, namun cukup merangsang indera pendengarannya sehingga janin menjadi bergerak ketika mendengar suara tersebut. Oleh karena itu suara yang dikeluarkan sangat terlokalisasi, dan janin bisa menghindarinya dengan cara menggerakan kepalanya.

Oleh karena suaranya sangat terlokalisasi, janin dapat menghindarinya dengan menggerakkan kepalanya.

Dan sebenarnya alat USG ini cukup aman untuk di gunakan, namun memang tidak ada yang mengharuskan bunda untuk melakukan hal ini setiap kali ketika bunda berkunjung ke dokter kandungan. Terkecuali jika ada indikasi yang memang menjadi dasar atau bahkan menjadi alasan atas keperluan dari USG tersebut.

Related Posts

Share This