Apakah Penderita Penyakit Kista Bisa Hamil?

Penyakit kista bisa membuat orang yang menderitanya menjadi khawatir, dan salah satunya mungkin Anda. Ketika penyakit kista menyerang Anda, pastinya Anda akan bertanya-tanya, apakah benar wanita yang menderita penyakit kista akan susah dalam mendapatkan kehamilan? Ingin tahu jawabannya, yuk simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

kista rahim

Banyak orang-orang terutama kaum wanita yang kerap mengajukan pertanyaan, apakah orang yang menderita penyakit kista bisa hamil? Pertanyaan ini sering kita dengar, terutama dari kalangan wanita. Perlu Anda ketahui, bahwa penyakit kista ini merupakan jenis penyakit yang kerap kali dikaitkan dengan masalah kesuburan. Namun Anda tidak usah khawatir, karena penyakit kista yang bersifat jinak serta memiliki ukuran yang kecil tidak akan mempengaruhi kesuburan para wanita. Penyakit kista ini justru akan berbahaya kepada Anda juga kesuburan jika bersifat abnormal, yakni dengan adanya pertanda kista tersebut memiliki ukuran jauh lebih besar. Di dalam kisata atau disebut juga dengan tumor ini biasanya terdapat cairan yang memang biasanya berasal dari Corpus Luteum. Fungsi dari corpus luteum itu sendiri yaitu untuk menyediakan progresteron dalam mempertahankan janin di masa kehamilan. Di masa kehamilan ini nantinya akan ada perpindahan progresteron yang berfungsi untuk menjadi plasenta di usia kehamilan 4 bulan, dan hal ini akan menyusut dengan sendirinya.

Dan penyakit kista yang tidak akan mempengaruhi kesuburan Anda disebut dengan kista ovarium, sehingga Anda tidak usah khawatir Anda tidak bisa hamil dengan adanya kista ovarium ini. Namun ketika kista ini terus membesar, hingga ukurannya mencapai 6-8 cm maka akan menimbulkan masalah, apalagi bagi Anda yang tengah mengalami masa kehamilan, kista rahim ini jelas akan mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Dalam kasus lainnya, kista ovarium yang terjadi di masa kehamilan mungkin saja akan terus berkembang serta tumbuhnya batang yang akan memutar dan pada akhirnya pecah, sehingga hal ini bisa mengakibatkan rasa sakit bahkan membutuhkan pengobatan dari ahli medis. Walaupun hal ini tidak akan mengganggu perkembangan janin yang adab di dalam kandungan, namun jika rasa sakit ini dirasakan maka bisa mengganggu bahkan bisa mengakibatkan lahirnya bayi premature.

Baca Juga:  Waspada! Berikut Bahaya Aborsi Untuk Kesehatan

Penyakit kista pada umumnya masih bisa ditangani oleh dokter, namun pengobatan penyakit kista ini akan disesuaikan dengan tipe, ukuran juga usia orang yang menderitanya. Untuk jenis kista lutein golongan lutein kerap kali terjadi pada wanita yang tengah hamil dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus di tangani dengan serius. Dan untuk kista jenis polistik ovarium menetap salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dilakukannya operasi mengangkat kista.

Umumnya penyakit kista ini tidak selamanya bisa berakibat buruk bagi orang yang menderitanya, termasuk tidak akan mendapatkan kehamilan. Namun salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mencegah terjadinya kista sejak dini dengan bantuan beberapa alat medis yang memang bisa menjadi salah satu upaya guna melihat perkembangan juga pertumbuhan kista. Dan kemungkinan kista neoplasma yang memiliki sifat ganas yang bisa mengakibatkan Anda terkena kanker ovarium.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517