Apakah Penderita Mata Minus Bisa Melakukan Persalinan Normal?

Mata minus yang dialami oleh ibu hamil merupakan salah satu alasan persalinan secara caesar. Pada dasarnya penyebab mata minus pada ibu hamil karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Namun kadang sebagian wanita mengalami mata minus sebelum menjalani kehamilan. Gangguan mata seperti ablasio retina (lepas retina) dan retina aksudatif regmatogen merupakan hal yang paling umum dialami sebagian besar ibu hamil. Faktor yang menyebabkan hal ini bisa bersumber dari penyakit diabetes, tumor, trauma dan preeklampsia.

Benarkah retina mata pada ibu hamil bisa lepas? Apa faktor penyebabnya? Ada dua faktor yang menjadi penyebab retina mata pada ibu hamil bisa lepas. Yang pertama yaitu struktur lapisan retina tipis sehingga mudah robek. Kondisi tersebut secara umum dialami oleh ibu hamil dengan usia diatas 40 tahun. Sedangkan yang kedua yaitu terdapat cairan seperti gel pada mata sehingga cairan tersebut beresiko menyerap kedalam retina yang memicu terjadinya pelepasan.

Retina lepas lebih rentan dialami oleh ibu hamil yang menderita preeklampsia. Cairan menumpuk dilapisan bawah sehingga penglihatan saraf pada optic mengalami penurunan secara drastic. Akan tetapi penumpukan cairan tersebut akan hilang jika proses persalinan telah selesai. Resiko retina lepas lebih tepatnya rentan dialami oleh ibu hamil yang mengalami mata minus diatas 6 dioptri.

Bisakah wanita hamil penderita mata minus melahirkan normal? Pada dasarnya melahirkan merupakan proses psikologis serta mengejan. Bagi Penderita mata minus sebaiknya jangan cemas dan khawatir tidak bisa menjalani persalinan normal. Yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter serta melakukan pemeriksaan mata.

Pemeriksaan mata minus pada waktu hamil perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi mata apakah terdapat robekan atau tidak. Apabila terdapat robekan maka medis akan mengambil tindakan untuk mencegah terlepasnya retina mata yang beresiko terjadi cacat permanen.

Baca Juga:  Do’a Menjelang Persalinan Supaya Diberi Kelancaran

Tips Bagi Ibu Hamil Yang Mengalami Mata Minus

  • Jika Anda memiliki riwayat mata minus maka sebaiknya rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan mengenai cara yang baik guna menghadapi proses persalinan.
  • Jangan sembarangan melakukan pengobatan sebab bisa memperparah kondisi mata minus yang Anda alami. Pastikan dokter yang menangani Anda merupakan spesialis di bidang tersebut.
  • Untuk mencegah kontraksi secara mendadak maka sebaiknya periksakan kondisi mata Anda setiap bulan.
  • Terapkan pola hidup sehat untuk mencegah kerusakan pada mata sehingga Anda bisa menjalani persalinan normal.
  • Lakukan latihan pernafasan sebagai upaya mempersiapkan persalinan normal dan lancar.

Penderita mata minus tidak selalu harus menjalani persalinan secara caesar. Apabila tidak ada resiko retina pecah maka ibu hamil masih bisa menjalani proses persalinan normal. Maka dari itu pemeriksaan dan pantauan medis sangat diperlukan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517