Apakah Normal, Jika Bayi Berkeringat Lebih?

Banyak diantaranya para ibu baru yang merasa khawatir ketika bayi berkeringan dengan jumlah yang berlebih. Mereka juga kerap mengkahawatirkan adanya kelainan pada bayi yang memang usianya masih terbilang sangat muda. Lantas, apakah benar bayi berkeringan berlebihan merupakan salah satu pertanda bahwa adanya kelainan atau bahkan pertanda adanya masalah kesehatan pada si kecil?

Umumnya, produksi keringat setiap anak mengalami perbedaan. Dan hal ini akan sangat tergantung pada produksi kelenjar keringat yang memang berada di dalam tubuh si kecil. Bahkan dalam kondisi tertentu, produksi keringat si kecil akan mengalami kenaikan. Misalnya keringan berlebihan pada bayi akan terjadi karena adanya mekanisme mendinginkan suhu tubuh si kecil yang terkadang berlebihan, sehingga bisa menyebabkan keringat yang keluar lebih banyak dari biasanya, walaupun suhu udara ada dalam keadaan yang normal.

Bukan hanya itu, bayi berkeringat berlebih biasanya akan terjadi di beberapa bagian tertentu, dan itu kerap kali membuat Anda merasa cemas. Nah, berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa ANda pahami, mengapa si kecil selaly berkeringat berlebihan, yaitu sebagai berikut:

  1. Bagian dari metabolisme tubuh bayi

Umumnya keringat yang berlebihan merupakan salah satu pertanda yang baik. Mengapa? Karena kelenjar keringat si kecil bisa berfungsi dengan sempurna. Keringan mampu mengeluarkan sekresi atau bahkan pembuangan sisa-sisa garam yang memang tidak di butuhkan oleh bayi. Bahkan keringat yang keluar pada si kecil merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh si kecil sedang dalam keadaan memproses susu, sehingga nantinya akan dikonsumsi menjadi protein yang bermanfaat untuk pasokan energi di dalam tubuh bayi.

  1. Demam yang tinggi pada bayi

Jika si kecil tengah dalam keadaan demam, biasanya ia akan berkeringat berlebihan, hal ini dikarenakan terjadinya proses infeksi yang terjadi pada tubuh bayi yang memang memicu munculnya keringat yang berlebihan. Sehingga, jika si kecil demam, sebaiknya si kecil banyak beristirahat serta Anda memberikannya cairan yang cukup, agar si kecil tidak mengalami dehidrasi.

  1. Pertanda gangguan kondisi bayi

Keringat yang menjadi pertanda adanya gangguan terhadap kondisi bayi yaitu munculnya keringat berlebih yang disertai dengan keluhan seperti rewel, hilangnya nafsu makan si kecil, lemah bahkan susah tidur. Bahkan beberapa gangguan yang kerap kali di hubungkan dengan kondisi ini yaitu terjadinya alergi. Setelah itu mengalami kistik fibrosis yang memang merupakan kelainan gen serta mampu memicu terjadinya infeksi terhadap paru-paru.

Selain itu, kondisi ini juga kerap kali berhubungan dengan gizi buruk, yang memang disebabkan karena makanan yang di konsumsi si kecil kurang, sehingga proses metabolisme yang ada di dalam tubuh berlangsung lebih ekstra jika di bandingkan dengan proses makanan yang teratur. Selanjutnya yaitu hyperhidrosis, yaitu dimana penyakit-penyakit pada sistem endokrin.

  1. Tersumbatnya saluran keringat

Munculnya keringat yang berlebihan terhadap bayi juga dikaitkan dengan tersumbatnya saluran keringat yang memang sering terjadi pada bayi, hal ini dikarenakan adanya pergantian sel yang masih lambat, sehingga terjadinya penumpukan sejumlah sel di dalam kulit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517