Apakah Makanan Bayi Ini Boleh Diberikan?

Penting untuk Anda ketahui, bahwa setiap bayi memiliki waktu yang berbeda untuk kesiapannya mengkonsumsi makanan bayi yang padat. Walaupun sebagian besar bayi akan mulai siap untuk mengkonsumsi makanan padat atau MPASI di usia 4-6 bulan, namun tetap Anda harus memperhatikan tekstur serta jenis makanan yang akan diberikan kepada si kecil.

Ketika si kecil mulai siap untuk mengkonsumsi makanan untuk bayi, maka Anda juga harus menjadi bunda yang cermat dalam memilih makanan yang cocok untuk diberikan kepada si kecil, terutama ketika si kecil masih berada di bawah usia 1 tahun. Karena ketika Anda salah dalam memberikan makanan untuk bayi, pastinya akan menimbulkan permasalahan terhadap sistem pencernaan si kecil.

Oleh karena itu, merupakan hal yang penting bagi bunda untuk memilih mana makanan pertama bayi yang baik diberikan dan mana makanan yang tidak baik untuk diberikan kepada si kecil. Nah, guna membantu bunda semua, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak bunda berikan kepada si kecil, apalagi si kecil masih di bawah 1 tahun, yaitu sebagai berikut:

  1. Madu

Mungkin bunda ingin membuatkan si kecil makanan yang sehat serta memberikan sedikit rasa manis dengan tambahan sedikit madu. Namun sebaiknya bunda menjauhkan pikiran tersebut. Mengapa? Karena nyatanya madu bukanlah salah stau pilihan yang tepat untuk bayi di bawah 1 tahun, walaupun benar madu memiliki kandungan nutrisi yang memiliki manfaat yang banyak.

Mengapa madu tidak boleh diberikan kepada bayi? Karena amdu sering menjadi salah satu penyebab dari botulism atau dalam kata lain keracunan makanan terhadap bayi yang memang bisa memberikan efek yang sangat buruk.

  1. Kacang

Sah saja jika bunda ingin memperkenalkan si kecil kacang-kacangan pada bayi yang memang masih berusia di bawah 1 tahun, dengan catatan bunda memberikannya dalam bentuk selai atau bahkan bentuk yang jauh lebih lembut lagi seperti bubur.

Tapi satu hal yang harus Anda ingat, Anda tidak dianjurkan untuk memberikan si kecil kacang-kacangan dalam bentuk yang utuh. Karena pemberian kacang yang utuh memiliki resiko yang cukup besar membuat si kecil tersendak.

  1. Susu sapi

Penting juga untuk bunda ketahui, bahwa sistem pencernaan si kecil masih belum mampu untuk mencerna susu sapi dengan baik. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar Anda tidak memberikan susu sapi pada bayi sampai ia berusia di atas 1 tahun.

Mengapa demikian? Karena laktosa juga lemak susu sapi tidak mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan bayi, terutama bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Maka dari itu, banyak bayi yang akan mengalami diare ketika mengkonsumsi susu sapi, dikarenakan sistem pencernaan si kecil masih belum siap untuk mencerna susu sapi.

Related Posts

Share This