Apakah Kenaikan Berat Badan Saat Hamil Itu Penting?

Kenaikan berat badan merupakan salah satu hal yang paling tidak disukai oleh wanita. Terlebih lagi jika peningkatan berat badan tersebut terjadi secara drastis. Perubahan bentuk tubuh menjadi gendut termasuk salah satu hal yang dihindari. Akan tetapi walaupun demikian, kenaikan berat badan saat hamil menjadi indikator kesehatan janin di dalam kandungan.

Kesehatan ibu hamil harus senantiasa dipantau guna menjaga tumbuh kembang janin. Kenaikan berat badan ideal saat usia kehamilan trimester pertama hingga menjelang persalinan senantiasa harus dijaga dengan memperhatikan pola makan sehat. Dalam hal ini ibu hamil harus mengetahui pengaruh dari kenaikan berat badan ideal bagi janin. Jika kenaikan berat badan saat hamil melebihi angka ideal maka hal ini perlu diwaspadai sebab bisa berdampak buruk bagi janin.

Kenaikan berat badan yang dianggap normal dan ideal yaitu 12 hingga 16 kg selama menjalani masa kehamilan. Bagi wanita yang memiliki berat badan berlebih dan mendapatkan kehamilan, maka sebaiknya mengusahakan supaya kenaikan berat badan pada waktu hamil tidak melebihi 7 kg. Jika kenaikan berat badan tidak terkontrol maka kemungkinan bisa menimbulkan komplikasi pada kehamilan.

Ibu hamil harus senantiasa memantau kenaikan berat badan setiap bulan untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Menurut sebuah riset di London mengemukakan bahwa rendahnya berat badan ibu hamil bisa beresiko menyebabkan keguguran pada usia kehamilan tahap awal. Selain itu, ibu hamil yang tidak memiliki berat badan ideal dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam menjalani proses persalinan.

Berat badan yang tidak ideal selama hamil juga sangat dikhawatirkan menjadi penyebab persalinan dini atau prematur. Disamping itu, ada kasus mengenai berat badan yang tidak terkontrol menyebabkan ibu hamil mengalami pendarahan yang sulit dihentikan setelah melakukan operasi persalinan. Hal ini tentunya harus diwaspadai dan menjadi perhatian khusus bagi ibu hamil.

Dan di bawah ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh ibu hamil terkait kenaikan berat badan, yaitu sebagia berikut:

  1. Ibu hamil akan mengalami pembesaran rahim dan harus mempersiapkan proses menyusui. Nah dalam hal ini kenaikan berat badan dianggap sebagai hal yang sangat penting bagi ibu hamil.
  2. Seiring dengan pertumbuhan janin, kenaikan berat badan ideal pada ibu hamil hendaknya menjadi perhatian penting.
  3. Pertambahan darah akan terjadi pada waktu hamil sehingga kenaikan berat badan akan disesuaikan dengan usia kehamilan.
  4. Kenaikan berat badan pada ibu hamil juga sangat penting seiring dengan adanya plasenta serta air ketuban.
  5. Berat badan ideal merupakan tempat untuk menyimpan cadangan lemak yang dibutuhkan sebagai makanan bagi janin.

Jika ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan maka hal ini bisa dihubungkan dengan gangguan nutrisi terhadap janin sehingga bisa menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Resiko yang terjadi yaitu berat badan rendah atau kelahiran secara prematur. Pada kondisi yang lebih parah akan menyebabkan pertumbuhan terhenti dan beresiko keguguran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517