Apakah Kanker Rahim dan Kanker Servik Itu Berbeda?

Penting untuk di ketahui, bahwa penyakit kanker rahim itu jelas berbeda dengan kanker servik, namun kedua penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit yang dapat mematikan, terutama bagi kaum wanita. Namun sayangnya, masih banyak diantaranya kaum wanita yang memang belum memahami betul perbedaan antara kanker rahim juga kanker serviks, bahkan ada diantaranya yang menyebutkan bahwa kedua penyakit tersebut sama.

kanker rahim

Nah, penjelasnnya yaitu kanker rahim adalah bentuk dari tumor ganas yang menyerang lapisan tahim atau di sebut dengan endometrium. Sedangkan kanker serviks atau di sebut juga dengan kanker mulut rahim yaitu penyakit yang menyerang bagian mulut rahim wanita, dan menjadi penyebab kematian yang paling tinggi jika di bandingkan dengan jenis kanker lainnya, maka dari itu penyakit kanker serviks ini menjadi penyakit yang paling di takuti oleh para wanita. Kanker servik biasanya menyerang wanita yang telah berusia 35-55 tahun.

Berdasarkan ahli kandungan  Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, adanya perbedaan antara penyakit mematikan yang terletak di rahim tersebut ada pada antonym yang jelas sangat berbeda. “Kalau untuk kanker mulut rahim itu biasanya pada menimpa wanita usia 35-55an. Sedangkan untuk kanker rahim umumnya menimpa wanita yang berusia mendekati masa menopause atau wanita yang telah mengalami menopause,” terang Dr Ivan.

Nah, untuk penyebabnya sendiri, kalau kanker mulut rahim penyebabnya memang sudah jelas, yaitu dikarenakan HPV atau human papilloma virus. Sedangkan untuk penyakit kanker rahim, sampai saat ini penyebabnya masih belum bisa di pastikan dengan tepap, mengapa penyakit itu bisa menimpa para wanita. Namun banyak juga diantaranya dokter serta para ahli yang menduga kalau penyebab penyakit ini dikarenakan adanya peningkatan kadar estrogen.

“Kanker mulut rahim itu itu datang dari virus yang namanya human papillomavirus (HPV). Tapi kalau kanker rahim terjadi umumnya dari perubahan pada selaput rahim yang biasanya banyak pada wanita-wanita yang mendekati masa atau sudah menopause,” Ungkap Dr. Ivan.

Untuk gejala kanker rahim, biasanya ditandai dengan:

  1. Perdarahan rahim yang abnormal
  2. Siklus menstruasi yang abnormal
  3. Perdarahan di antara dua siklus menstruasi (pada wanita yang masih mengalami menstruasi)
  4. Perdarahan vagina atau spotting pada wanita setelah masa menopause
  5. Perdarahan yang sangat lama, berat dan sering (pada wanita yang berusia diatas 40 tahun)
  6. Nyeri perut bagian bawah atau kram panggul
  7. Keluar cairan putih yang encer atau jernih (pada wanita paska-menopause)
  8. Nyeri atau sulit untuk berkemih
  9. Nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Nah itulah perbedaan antara kanker rahim dengan kanker serviks atau kanker leher rahim. Baik kanker rahim ataupun kanker mulut rahim, keduanya merupakan jenis penyakit yang berbahaya bahkan bisa menjadi penyakit mematikan. Akan tetapi, kanker serviks atau kanker leher rahim jauh lebih banyak di temukan pada wanita jika di bandingkan dnegan kanker rahim.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517