Apakah Infeksi HIV Memiliki Gejala?

Banyak diantaranya orang-orang yang memang mengidap virus HIV atau bahkan mereka yang menderita penyakit AIDS yang memang tidak diketahui sejak dini. Dan hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran msayarakat untuk memeriksakan diri mereka, sekalipun mereka mengetahui bahwa dirinya memiliki resiko untuk terserang penyakit tersebut. Dan hal ini menyebabkan angka dalam penularan sangat sulit untuk di tekan.

Walaupun infeksi HIV tidak menunjukkan gejala atau ciri apapun, layaknya jenis penyakit lainnya. Akan tetapi, ada beberapa diantaranya orang-orang yang akan mengalami gejala tertentu 1-2 minggu setelah mereka melakukan hubungan seks yang memang memiliki resiko tinggi atau bahkan tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.
Dan gejala atau ciri yang paling umum dari infeksi HIV yaitu demam yang dialami oleh pasien, ruam serta munculnya rasa sakit di bagian tenggorokan. Dan gejala lainnya yang memang kerap kali ditunjukkan yaitu rasa lelah, pusing bahkan diare. Dan kondisi ini akan terjadi karena adanya reaksi tubuh terhadap virus HIV itu sendiri.

Diantara sejumlah kasus, ada sekitar 70-90% orang yang memang akan mengalami gejala awal virus HIV, namun ada juga yang tidak mengalami gejala tersebut. Dan jika seseorang tersebut mengalami kombinasi dari gejala-gejala virus HIV tersbeut, maka dipastikan orang tersebut harus segera menjalankan serangkaian bentuk tes HIV.

Dan setelah 2-3 minggu, gejala yang dialami tersebut akan hilang dengan sendirinya, bahkan tidak akan kembali muncul dalam waktu beberapa tahun, terutama jika orang tersebut dinyatakan positif terhadap virus HIV. Jika Anda mengalami atau bahkan merasakan gejala awal virus HIV, maka Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri guna mengetahui lebih lanjut, apakah Anda menderita atau terserang virus HIV atau tidak.

Nah, di tahun ketiga, sistem kekebalan tubuh Anda mulai menurun secara drastis, sehingga sangat mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit atau sejenis infeksi tumpangan, misalkan seperti tuberkulosis (TBC), pneumonia atau bahkan keracunan pada darah, sariawan juga penyakit virus yang dapat menular dengan cepat. Dan pada mereka yang memang memiliki riwayat kesehatan yang baik, maka jenis infeksi tersebut bisa di lawan oleh sistem imun dengan cara yang baik pula.

Dan tahapan terakhir dari infeksi HIV yaitu, ketika sistem kekebalan tubuh Anda mulai melemah, maka kondisi tubuh tidak akan mampu untuk melawan berbagai serangan penyakit, bahkan penyakit atau bahkan virus yang menyerang tubuh akan semakin parah. Dan pada tahapan ini, maka seseorang tersebut sudah bisa dinyatakan menderita AIDS.

Nah, agar Anda bisa terhindar dari salah stau jenis penyakit yang juga disebut sebagai penyakit yang mematikan ini, maka Anda harus memeriksakan diri Anda untuk melakukan tes virus HIV, terutama jika Anda mulai mengenali gejala-gejalanya.

Related Posts

Share This