Apakah Faktor Genetik Penyebab Kanker Payudara?

Penyebab kanker payudara memang sangat beragam dan tidak sepenuhnya bisa dipahami. Bahkan terkadang penyebab kanker itersebut sulit untuk ditentukan. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa kanker payudara disebabkan oleh faktor keturunan. Namun benarkah jika genetic menjadi penyebab yang paling dominan?

Jika ditelusuri lebih jauh, faktor genetik bukanlah satu-satunya penyebab kanker payudara dan hal tersebut tidak menular. Pada beberapa kasus, ada wanita yang menderita kanker payudara meskipun tidak ada faktor keturunan dari keluarga. Kasus kanker payudara memang tuidak berjalan dalam keluarga atau bukan merupakan faktor keturunan. Akan tetapi ada sebagian gen tertentu yang memicu atau meningkatkan resiko kanker payudara.

Apabila Anda memiliki dua atau lebih kerabat dekat seperti saudara perempuan atau ibu yang terkena kanker payudara, maka Anda sebagai generasi selanjutnya perlu melakukan pemeriksaan genetic untuk mengetahui gen mana yang menyebabkan kanker tersebut berkembang. Selain faktor genetic, ada beberapa faktor lain yang memicu kanker payudara. Berikut ini lebih lengkapnya!

  • Faktor Usia

Resiko penyakit kanker payudara akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita. Secara umum kanker payudara terjadi pada wanita yang berusia diatas 50 tahun dan memasuki menopause.

  • Riwayat Sebelumnya

Bagi wanita yang sebelumnya pernah menderita kanker payudara maka kemungkinan akan terjadi kembali. Resiko terkena kanker payudara pada periode selanjutnya akan semakin meningkat. Kondisi selanjutnya bisa pada payudara yang sama atau pada bagian payudara yang lain.

  • Kepadatan Payudara

Pada dasarnya payudara tersusun atas kelenjar-kelenjar kecil yang akan menghasilkan susu. Susuna kelenjar tersebut akan membuat payudara lebih padat. Nah, bagi wanita yang memiliki kepadatan jaringan sangat beresiko terkena kanker payudara. Hal ini karena banyaknya sel-sel tersebut kemungkinan akan berkembang menjadi kanker.

  • Benjolan Payudara

Meskipun tidak setiap benjolan merupakan tanda adanya kanker payudara, akan tetapi benjolan pada payudara perlu diwaspadai karena bisa meningkatkan kanker payudara.

  • Radiasi

Paparan radiasi seperti pemeriksaan medis yang menggunakan CT-scan sangat beresiko terhadap bahaya kanker payudara. Disamping itu, radiasi barang-barang elektronik juga kemungkinan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker payudara.

  • Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat tidak bisa dipungkiri menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker payudara pada wanita. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, alkohol, merokok dan kebiasaan buruk lainnya akan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara. Bagi Anda yang memiliki pola hidup tidak teratur maka sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut sehingga terhindar dari kanker payudara yang mematikan.

Dengan demikian kbahwa faktor genetic bukan merupakan satu-satunya penyebab kanker payudara. Hanya sebagian kecil resiko kanker payudara yang diturunkan dari riwayat keluarga. Selebihnya oleh pengaruh hormonal dan gaya hidup.

Related Posts

Share This