Apakah Bunda Tahu Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi?

Manfaat labu kuning untuk bayi. Umumnya labu kuning memiliki berat berkisar 3-5 kg yang memiliki bentuk bulat pipih, panjang, atau bahkan lonjong tergantung varietesnya. Sebagian besar labu kuning yang masih muda memiliki warna hijau, sedangkan untuk labu kuning yang sudah tua memiliki warna kuning yang agak pucat.

Nah, warna kuning atau bahkan oranye yang terdapat dalam daging labu kuning merupakan pertanda adanya kandungan karotenoid yang sangatlah tinggi. Dan karotenoid yang ada di dalam labu kuning untuk bayi juga sebagian besar berbentuk beta karoten.

Labu kuning ini bisa bunda jadikan sebagai makanan pendamping ASI ketika usia si kecil memasuki usia 6 bulan. Mengapa? Karena kandungan nutrisi yang ada di dalam labu kuning sangat baik guna membantu tumbuh kembang bayi. Dan cara pengolahan dari labu kuning ini cukup simple, bunda bisa menjadikannya pudding labu kuning, bubur, dan lain sebagainya, jika masih bingung, bunda juga bisa mencari resep labu kuning untuk bayi.

Berikut ini ada beberapa kandungan nutrisi serta manfaat labu kuning untuk bayi yang harus bunda ketahui juga pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Vitamin A dan beta karoten

Beta karoten merupakan salah satu pigmen yang berwarna kuning atau oranye, yang jika dicerna oleh tubuh si kecil akan berubah menjadi vitamin A. Dan fungsi dari vitamin A serta beta karoten itu sendiri yaitu berguna untuk membantu kesehatan mata juga kulit si kecil yang mengkonsumsi labu kuning, membantu kekebalan tubuh, juga membantu reproduksi. Bukan hanya itu, kandungan zat gizi yang ada di dalam buah labu juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kanker juga penyakit jantung di kemudian hari.

Baca Juga:  Manfaat yang Terkandung Dalam ASI Ibu
  1. Vitamin C

Labu kuning juga memiliki kandungan vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang akan larut dalam air ini juga sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh si kecil. Bukan hanya itu, vitamin C ini juga memiliki peran juga fungsi sebagai kekebalan tubuh juga sebagai antioksidan si kecil.

  1. Zat besi

Zat gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil dalam proses pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Oleh karena itu bunda bisa memberikan si kecil olahan labu kuning, karena zat besi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan oleh si kecil guna membantu tumbuh kembangnya.

  1. Kalium

Kalium ini berfungsi untuk menunjang kelancaran metabolisme tubuh si kecil. Dan hal ini sangatlah penting guna menjaga keseimbangan air serta elektrolit yang ada di dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan nutrisi serta manfaat yang ada di dalam labu kuning. Bukan hanya itu, ada juga kelebihan yang dimiliki oleh labu kuning, yaitu kandungan serat yang ada di dalamnya sangatlah tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya sembelit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517