Apakah Bunda Tahu Manfaat Berenang Bagi Bayi?

Bunda, apakah bunda tahu manfaat berenang bagi bayi? Dan apakah bunda tahu kalau anak-anak sangat menyukai berenang? Perlu bunda tahu, kalau anak-anak akan sangat bahagia ketika mereka tengah bermain dengan air, bahkan motorik mereka akan sangat terlatih ketika mereka berenang.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, bahwa berenang ini bisa diajarkan kepada anak sejak umur ia masih kecil, dan bunda harus mengetahui manfaat melatih berenang yang akan bunda dapatkan. Ketika bunda melatih si kecil berenang, maka hal tersebut bisa membuat si kecil merasa nyaman serta tidak rewel. Namun ketika bunda hendak melatih si kecil berenang, bunda harus memastikan kalau factor keamanan harus selalu menjadi prioritas bunda.

Manfaat Berenang Bagi Bayi

Sebelum bunda melatih si kecil untuk berenang, maka ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan agar bunda mendapatkan manfaat melatih berenang pada balita. Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu, bunda harus melakukan latihan secara bertahap kepada bayi, yang memang disesuaikan dengan usia juga perkembangan di kecil. Dan usia yang tepat untuk melatih bayi berenang yaitu ketika usia bayi menginjak 6 bulan. Umumnya, di usia ini bayi sudah mulai bisa duduk dengan tegak, serta mampu menyangga tubuhnya yang kecil dengan baik.

Jika si kecil merasa ketakutan dan menangis ketika hendak di bawa ke dalam air, maka sebaiknya bunda jangan memaksanya. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran renang harus disesuaikan dengan perkembangan fisik si kecil juga kemamuan yang muncul dari dalam diri si kecil itu sendiri. Jika bunda mengajarkannya secara perlahan, maka nanti keberanian si kecil terhadap air akan semakin bertambah, bahkan nantinya ia pasti menikmati hal tersebut.

Jika si kecil merasa kolam renang tersebut nyaman untuk dirinya, maka bunda harus memilih kolam renang yang terjaga kebersihannya, air yang tidak terlalu dingin, keadaanyang tidak terlalu ramai, jernih, serta tidak terlalu panas dikarenakan sinar matahari. Bukan hanya itu, bunda juga harus menempatkan si kecil di kolam renang yang khusus untuk anak kecil. Untuk keamanan si kecil, bunda juga bisa menggunakan pelampung bayi, misalkan seperti Neck Ring yang memiliki ukuran yang tepat serta tekanan angina yang pas.

Ketika bunda melatih si kecil untuk berenang, maka harus di pastikan bunda ada di sampingnya untuk mendampingi si kecil. Bunda bisa mengajarkan beberapa gerakan kaki juga tangan kepada si kecil, dan ingat, jangan sampai kepala si kecil terbenam di dalam air. Jika tubuh si kecil mulai menggigil, maka Anda harus segera menganggat si kecil dari dalam air, karena waktu maksimal untuk bayi berenang yaitu 20 menit. Dan setelah itu, mandikan si kecil dengan menggunakan air bersih, dan baluri tubuh mungilnya dengan minya telon. Setelah itu, pakaikan baju yang hangat, dan susuilah si kecil. Ketika itu, ia akan merasa aman, nyaman, serta terlindungi.

Ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dari manfaat berenang bagi bayi, yaitu dengan melatih bayi berenang maka dapat menumbuhkan rasa kasih saying serta kekompakan di antara bunda dengan si kecil. Dan cara ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melatih ci kecil beradaptasi juga bersosialisasi sejak dini, karena biasanya di kolam renang akan terdapat orang banyak baik muda ataupun tua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517