Apakah Bunda Tahu, Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak Itu Seperti Apa?

Walaupun kecerdasan seorang anak di pengaruhi oleh adanya faktor internal yaitu genetika, namun ada juga beberapa faktor eksternal yang juga mampu mempengaruhi kecerdasan otak anak. Dan faktor eksternal yang mampu mempengaruhi kecerdasan otak anak yaitu aktivitas fisik yang di lakukan oleh anak tersebut, stimulasi, asupan nutrisi seperti makanan untuk kecerdasan otak anak, serta kesehatan yang juga ikut berperan. Nah, agar bunda memiliki anak yang cerdas, maka sebaiknya bunda membantu si anak dengan memberikan asupan nutrisi yang terbaik seperti beberapa makanan untuk kecerdasan otak.

makanan untuk kecerdasan otak anak

Dan berikut ini ada 9 sumber makanan untuk kecerdasan otak anak yang bisa bunda perhatikan guna membantu pertumbuhan otak anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Ikan salmon

Ikan salmon yang memiliki kandungan lemak ini merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang menghasilkan asam lemak omega-3, EPA juga DHA, dan kedua hal ini sangat penting guna pertumbuhan serta perkembangan fungsi otak terhadap si kecil. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan, bahwa anak yang memang mendapatkan asupan lemak omega 3 ini akan jauh lebih memiliki kemampuan berfikir yang tajam jika di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Berdasarkan ungkapan dari para ahli, walaupun tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3, namun ikan salmon lebih banyak memiliki kandungan omega 3 ini jika di bandingkan dengan ikan tuna.

  1. Telur

Bukan hanya ikan salmon, telur juga merupakan salah satu sumber yang penting untuk protein. Kuning telur juga telah terbukti memiliki kandungan kolin, dan kolit ini adalah suatu zat yang memang mampu membantu perkembangan memori pada anak. Dan Anda bisa mengolah telur ini sesuai selera.

  1. Selai kacang

Kacang tanah juga selai kacang merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin E. Dan vitamin E ini merupakan antioksidan yang memang mampu melindungi membran sel-sel pada saraf. Bukanhanya itu, kandungan yang ada di dalam kacang tanah juga akan membantu otak anak serta sistem saraf dalam penggunaan glukosa guna membentuk energy yang tengah di butuhkan oleh tubuh anak.

  1. Seluruh biji-bijian

Bukan hanya itu, otak anak juga sanga membutuhkan suplai glukosa yang berasal dari tubuh, yang memang memiliki sifat konstan. Sehingga gandum mampu mendukung kebutuhan tubuh anak dengan kandungan serat yang memang di hasilkan dari sejumlah biji-bijian. Serat yang terkandung di dalam biji-bijian tersebut mampu membantu tubuh anak dalam mengatur pelepasan glukosa yang ada di dalam tubuh. Dan vitamin B yang terkandung di dalam gandum mampu menjaga sistem saraf agar tetap berfungsi dengan baik.

  1. Oat / Oatmeal

Oat merupakan salah satu sereal yang sangat popules dan banyak di sukai oleh anak-anak, oat ini kaya akan nutrisi serta penting bagi otak anak. Oat sendiri mampu menyediakan energi yang di butuhkan oleh otak, dan oat ini sangat tepat jika di konsumsi di pagi hari dan di jadikan sebagai sarapan. Kandungan serat yang dimiliki oleh oat atau oatmeal bisa menjaga kesehatan serta kecerdasan otak anak. Bukan hanya itu, di dalam oat juga terdapat kandungan vitamin E, vitamin B, seng serta kalium yang mampu membuat tubuh serta otak anak berfungsi dengan cara yang optimal.

  1. Jenis Buah

Jika kita lihat secara umum, warna buah yang kuat terkandung di dalam buah cery, blackberry, strawberry serta blueberry, di dalam buah-buahan yang memiliki warna yang kuat ini terkandung gizi yang banyak yang memang baik untuk kecerdasan otak anak. Perlu Anda ketahui, bahwa kelompok buah berries ini memiliki kandungan kadar antioksidan yang sangatlah tinggi, apalagi kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu menangkal radikal bebas yang memang dapat menumbulkan penyakit kanker.

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu cemilan yang istimewa. Mengapa? Karena makanan yang mengandung kacang memiliki kandungan energy yang berasal dari protesin serta karbohidrat kompleks. Bukan hanya itu, makanan yang mengandung kacang juga memiliki serat yang baik untuk tubuh juga otak, mengandung vitamin juga mineral. Kacang merupakan salah satu jenis makanan yang yang baik untuk kecerdasan otak anak, dikarenakan kacang mampu mempertahankan energy serta kemampuan untuk berfikir.

  1. Sayuran berwarna

Sayuran yang berwarna seperti tomat, wortel, bayam, dan jenis sayuran lainnya merupakan jenis sayuran yang kaya akan nutrisi juga antioksidan. Dan kandungan yang terdapat di dalam sayuran tersebut mampu membuat sejumlah sel yang ada di dalam otak menjadi lebih sehat dan baik.

  1. Susu dan Yogurt

Jenis makanan yang berasal dari produk susu memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi serta kandungan vitamin B. Kandungan vitamin B juga protein ini adalah salah satu nutrisi yang paling penting dalam proses perumbuhan jaringan otak juga termasuk enzim. Ketika anak mengkonsumsi susu atau youghert, maka bisa membantu perut untuk menahan rasa lapar, karena adanya kandungan protein serta karbohidrat yang memang menjadi sumber energy bagi otak si anak.

Related Posts

Share This