Apakah Buah Nanas Baik Untuk Ibu Hamil?

Apakah buah nanas untuk ibu hamil di larang? Perlu bunda ketahui, bahwa masa kehamilan itu tidak pernah luput dari berbagai macam mitos yang beredar di masyarakat, bahkan ketika seorang ibu hamil tengah mengidam untuk memakan makanan tertentu, justru akan di larang karena di khawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Pada masa kehamilan pertama, pengalaman Anda mengenai kehamilan memang sangat terbatas, sehingga Anda sangat membutuhkan masukan yang baik, begitu pula dengan mitos yang banyak beredar di kalangan masyarakat. Mungkin Anda sering mendengar, bahwa mengkonsumsi nanas untuk ibu hamil akan mengakibatkan keputihan serta berakibat fatal jika di konsumsi pada usia kehamilan muda, salah satunya yaitu bisa mengakibatkan keguguran serta masalah perkembangan janin lainnya. Lantas, apakah pernyataan itu benar atau hanya sekedar mitos belaka?

buah nanas untuk ibu hamil

Buah nanas yang memang dikenal dengan istilah ilmiah nanas cosmosus ini berasal dari brazil, namun walaupun berasal dari Brazil, buah nanas ini tumbuh dengan subur di Indonesia. Buah nanas sendiri memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu vitamin A juga vitamin C yang juga sebagai kandungan antioksidan. Bukan hanya vitamin, di dalam buah nanas juga terkandung beberapa nutrisi seperti magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium, dekstrosa dan juga enzim bromelain yang memang memiliki khasiat untuk mencerna sejumlah makanan yang ada di dalam lambung, serta mampu menghambat sel-sel kanker. Nah, bagi Anda yang memang memiliki masalah dalam pencernaan, maka bantuan dari serat yang ada di dalam buah nanas ini akan sangat membantu dalam mempermudah Anda buang air besar serta sembelit.

Lantas, manfaat apa yang akan ibu hamil dapatkan ketika seorang ibu hamil mengkonsumsi buah nanas untuk ibu hamil? Ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan hormone serta perubahan fisik, selain mempertimbangkan kondisi kesehatan tubuh juga janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil, mengkonsumsi berbagai jenis makanan juga harus di pertimbangkan pengaruhnya terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Dan berikut ini sedikit penjelasan yang memang bisa di ambil oleh ibu hamil mengenai larangan mengkonsumsi buah nanas untuk ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Kontraksi sebelum waktunya

Umumnya, bagi ibu hamil yang baru memasuki trimester pertama memang sangat rentan terhadap sejumlah masalah kehamilan, apalagi bagi ibu yang memang memiliki rahim yang tidaklah kuat. Di bulan-bulan pertama, biasanya ibu hamil akan mendapatkan banyak larangan dalam mengkonsumsi beberapa jenis makanan, salah satunya larangan mengkonsumsi buah nanas atau bahkan minum jus nanas. Mengapa? Karena di dalam buah nanas terdapat kandungan bromelain yang memang mampu melemahkan serviks atau bahkan leher rahim, sehingga hal ini di khawatirkan jika ibu hamil banyak mengkonsumsi buah nanas, maka kandungan ini mampu mengganggu masa kehamilan ibu.

Baca juga : Mitos dan Fakta Tentang Bahaya Nanas Bagi Wanita Hamil

  1. Keguguran

Apakah benar, buah nanas bisa menyebabkan keguguran pada kandungan? Kandungan bromelain yang ada di dalam buah nanas yang memang di khawatirkan mampu mengganggu kondisi kehamilan Anda, apalagi bagi ibu hamil yang memang memiliki riwayat pernah mengalami keguguran sebelumnya. Maka dari itu, ibu hamil harus menghindari untuk mengkonsumsi buah nanas yang memang masih muda yang memiliki kulit berwarna hijau. Namun walaupun seperti itu, bukan berarti ibu hamil tidak di perbolehkan mengkonsumsi buah nanas, ibu hamil boleh mengkonsumsi buah nanas namun dalam jumlah yang tidak berlebihan.

  1. Masalah kesehatan kehamilan

Rasa asam yang ada di dalam buah nanas bisa mengakibatkan gangguan terhadap lambung ibu hamil, apalagi bagi ibu hamil yang memang memiliki penyakit maag. Ingat, tidak semua ibu hamil bisa mengkonsumsi buah nanas walaupun dalam jumlah yang tidaklah terlalu banyak, bagi ibu hamil yang memiliki masalah dalam penyakit maag, sebaiknya bumil bisa menghindari untuk mengkonsumsi buah nanas ini.

Related Posts

Share This