Apakah Boleh Tidur Siang Saat Hamil?

Bagi ibu hamil, istirahat yang cukup atau bahkan tidur siang saat hamil merupakan salah satu hal yang paling penting yang dibutuhkan guna menunjang kesehatan serta pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan bunda. Bukan hanya melakukan sejumlah pekerjaan yang berat, namun ibu hamil juga sangat di sarankan untuk memiliki jam tidur yang cukup untuk dirinya, baik itu tidur siang saat hamil ataupun di malam hari. Kendati demikian, saat ini banyak diantaranya rumor yang beredar yang menyebutkan bahwa ibu hmil tidak di perbolehkan untuk tidur siang, hal ini dikarenakan bisa menyebabkan partumbuhan bayi yang terhambat di dalam kandungan. Apakah rumor tersebut benar? Ataukan rumor yang beredar tersebut salah? Bolehkah ibu hamil tidur siang? Dan berikut ini penjelasnnya mengenai tidur siang saat hamil.

tidur siang saat hamil

Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil

Rumor yang menyebutkan bahwa tidur siang saat hamil bisa mengganggu pertumbuhan bayi sebetulnya berawal dari sebuah kepercayaan yang muncul dari kebiasaan masyarakat pada zaman dulu. Namun bagi dunia medis atau dunia kedokteran, tidur siang saat hamil ini justru sangat diperlukan guna mengembalikan kebugaran tubuh yang telah terkuras oleh aktivitas sehari-hari. Dan itu artinya, ibuhamil boleh melakukan tidur siang jika memang bunda merasa lelah juga mengantuk.

Ada diantaranya beberapa pakar kesehatah yang justru memberikan anjuran agar ibu hamil bisa menyempatkan waktu untuk tidur siang, terutama ketika menginjak usia kehamilan di trimester pertama serta trimester akhir. Mereka juga berpendapat bahwa tidur siang juga bisa memberikan manfaat yang baik, terutama untuk mempertajam konsentrasi juga memperkuat daya ingat.

Namun walaupun seperti itu, keseimbangan jumlah jam tidur ibu hamil antara siang hari juga malam hari haruslah seimbang dan wajib untuk di perhatikan. Seperti kita sadari, bahwa seseoarng yang memiliki waktu tidur siang cukup lama pada umumnya akan susah mendapatkan tidur yang baik di malam hari. Padahal tidur di malam hari juga merupakan prioritas utama untuk ibu hamil. Oleh karena itu, setidaknya ibu hamil harus melakukan tidur siang lebih dari 3 jam.

Lantas, bagaimana dengan ibu hamil yang memang sering merasakan kantuk di pagi hari. Apakah hal ini berbahaya pada janin yang ada di dalam kandungan?

Tidur siang serta tidur di pagi hari merupakan dua hal yang sangat berbeda. Kami mengambil pendapat jika seoarng ibu hamil kerap mengantuk dan tertidur di pagi hari, itu artinya ia tengah mengalami sebuah masalah.  Salah satu jalan terbaik yang bisa bunda lakukan yaitu berkonsultasi ke dokter kandungan. Ingat, tidur di pagi hari merupakan suatu hal yang tidaklah baik, baik bagi mereka yang tengah hamil ataupun yang tidak hamil. Nah, untuk info seputa kehamilan, ibu bunda juga bisa membaca artikel kami mengenai tips untuk ibu hamil. Semoga membantu!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517