Apakah Boleh Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas?

Walaupun jenis makanan yang memiliki rasa pedas tidak akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, namun hal ini justru akan berpengaruh terhadap tubuh bunda. Sementara itu, banyak diantaranya ibu hamil yang sering mengkonsumsi makanan pedas tanpa mengalami suatu masalah yang besar, dan bagi ibu hamil lainnya justru akan mengalami gangguan terutama pada pencernaan ketika mereka mengkonsumsi makanan yang pedas.

Bukan hanya itu, ternyata makanan pedas juga bisa mempengaruhi morning sickness, yaitu perasaan mual, sakit perut ataupun muntah yang diakibatkan oleh adanya perubahan kadar hormone terhadap seoarng ibu hamil. Oleh karena itu, ketika bunda hamil, sebaiknya bunda dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang seimbang, hal ini guna memastikan bunda juga bayi yang ada di dalam kandungan bunda bisa menerima nutrisi yang ia butuhkan. Dan sebaiknya bunda harus bisa mengurangi makanan yang berbau pedas, karena makanan pedas bisa saja menjadi pantangan makanan ibu hamil jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

makanan pantangan ibu hamil

Namun justru para medis berpendapat, bahwa makanan pedas ini sangat aman untuk di konsumsi ibu hamil. Karena mengkonsumsi makanan yang pedas tidak akan membahayakan kondisi ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungan, akan tetapi makanan pedas ini mampu membantu bayi dalam menyerap kandungan zat yang ada di dalam makanan tersebut walaupun makanan tersebut pedas. Dan tentunya makanan pedas bukanlah makanan pantangan ibu hamil. Namun ada beberapa hal lainnya yang harus di hindari oleh ibu hamil, dan itu menjadi makanan pantangan ibu hamil, yaitu mengkonsumsi daging yang di masak setengah matang seperti makanan jenis unggas juga ikan laut, serta susu yang memang tidak melalui pasteurisasi. Mengapa demikian? Karena mengkonsumsi daging atau ikan yang belum matang bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, sehingga bisa menyebabkan cacat lahir.

Walaupun makanan yang pedas aman untuk di konsumsi ibu hamil, namun bunda harus mempertimbangkannya kembali jika terjadi masalah dalam sistem pencernaan bunda. Mengkonsumsi makanan pedas memang akan menyebabkan mules serta refluks asam, kedua masalah ini umum terjadi ketika bunda hamil. Dan ketika bunda mengkonsumsi makanan yang pedas, sebaiknya bunda minum segelas susu untuk membantu bunda dalam meredakan rasa mules.

Mungkin saat ini bunda telah mengetahui, bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang pedas mampu membantu bunda dalam mengidukasi persalinan, namun sampai saat ini belum ada bukti medis untuk hal yang satu ini. Mengkonsumsi makanan yang pedas memang tidak akan berbahaya terhadap janin yang ada di dalam kandungan bunda, namun perlu bunda ingat, bahwa ketika itu bunda akan mengalami masalah dalam sistem pencernaan bunda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517