Apakah Bayi Dan Balita Boleh Mengkonsumsi Kopi?

Banyak diantaranya bunda yang bertanya-tanya, apakah khasiat kopi yang baik untuk bayi dan balita? Apakah boleh bayi dan balita mengkonsumsi kopi? Apakah benar kopi bisa mengatasi step yang terjadi pada si kecil? Nah, itulah sejumlah pertanyaan yang kerap di ajukan oleh para bunda mengenai khasiat kopi untuk si kecil.

Perlu bunda ketahui, memang benar, minum kopi sangat dipercaya mampu memberikan efek rileks pada tubuh kita, namun ungkapan itu hanya berlaku untuk orang dewasa dan tidak berlaku untuk si kecil. Bahkan tidak jarang orang tua yang hanya sekedar iseng memberikan satu sendok kopi kepada si kecil agar si kecil bisa menikmatinya. Namun pertanyaannya, amankah kopi di berikan kepada bayi? Lantas, apa manfaat kopi bagi kesehatan si kecil?

manfaat kopi bagi kesehatan

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup memang memberikan manfaat kopi untuk kesehatan orang dewasa, namun bagi bayi juga balita sendiri, kopi sendiri tidak akan memberikan manfaat yang baik, melainkan kopi hanya akan memberikan resiko yang buruk terhadap bayi juga balita. Nah, berikut ini ada beberapa dampak yang akan diterima oleh bayi ketika mereka di berikan kopi, yaitu sebagai berikut:

  1. Kafein

Satu hal yang ada di dalam kopi yang memang kerap memikat orang dewasa yaitu kandungan kafein yang ada di dalamnya yang bisa membuat tubuh orang dewasa menjadi segar seketika. Akan tetapi, ketika kafein tersebut diberikan kepada bayi atau balita, maka akan menimbulkan rasa sakit kepala, sakit perut, gangguan tidur yang memang akan berakibat pada perubahan suasana hati si kecil.

  1. Nol Kalori

Kopi memiliki sedikit kandungan kalori bagi bayi juga balita. Dan jika si kecil terlalu banyak mengkonsumsi kafein ini, maka selera makan juga selera minum susu si kecil akan semakin menurun. Hal ini dikarenakan perut si kecil yang terlalu penuh oleh kafein.

  1. Menyerap Zat Besi

Kopi juga bisa mengurangi kinerja tubuh dalam menyerap zat besi yang ada di dalam tubuh kita, sementara itu, bayi dan balita masih ada di uisa dimana mereka masih membutuhkan zat besi yang sangatlah tinggi. Perlu di ketahui, bahwa bayi juga balita masih membutuhkan banyak zat besi yang memang memiliki peranan untuk pertumbuhannya, kognitif serta regenerasi sejumlah sel darah merahnya.

  1. Masalah Mulut dan Gigi

Walaupun gigi si kecil masih belum tumbuh dengan sempurna, namun bunda harus mewaspadai dampak mengkonsumsi kopi untuk kerusakan gusi juga gigi si kecil. Munum kopi juga the yang diberikan gula bisa memberikan kontribusi untuk mengeroposkan gigi, terutama ketika si kecil sering meminum kopi dari botol yang dimilikinya sampai ia tertidur.

Walaupun Anda hanya memberikannya 1-2 sendok kopi kepada si kecil, namun alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari si kecil untuk mengkonsumsi kopi. Bunda bisa menunggu sampai usianya 6 tahun untuk memperkenalkannya kepada kopi, namun bunda juga harus membatasi pemberian kopi di usianya yang masih dini.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517