Apakah Bahaya Bayi Tidur Tengkurap?

Ada beberapa orang yang beranggapan kalao bayi tidur tengkurap merupakan posisi tidur bagi bayi yang tepat, terutama untuk pengembangan janin juga menguatkan sejumlah otat pernapasan si kecil. Namun untuk saat ini, telah banyak berita yang beredar bahwa bayi tidur tengkurap bisa menyebabkan si kecil meninggal secara tiba-tiba, atau bahkan yang biasa di sebut dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrom). Memang benar, penyebab dari kematian yang secara tiba-tiba ini masih belum jelas. Akan tetapi di Negara bagian barat seperti Eropa contohnya, SIDS ini kerap kali di kaitkan dengan posisi bayi tidur tengkurap. Dan hal ini juga di kaitkan dengan banyaknya bayi yang masih berusia di bawah 12 bulan yang mengalami kematian secara mendadak dikarenakan mereka tidur dengan posisi tengkurap.

bayi tidur tengkurap

Diungkapkan pula kalao tengkurap bukanlah salah satu cara tidur yang baik untuk bayi. Bahkan SIDS juga di katakana memiliki hubungan belum matangnya pusat dari syaraf pertapasan pada si kecil. Akan tetapi, jika bayi atau si kecil sudah bisa tidur tengkurap sendiri tanpa di bantu oleh bunda, maka hal ini bisa di bilang kalao pusat syaraf pertapasan si kecil sudah mulai berkembang, sehingga tidak akan ada lagi masalah ketika bayi tidur tengkurap.

Namun bagi bayi yang memang saraf pernapasannya belum berkembang dengan baik, maka ia akan mengalami sesak napas ketika bunda menidurkannya dengan posisi tengkurap. Lantas, bolehkah bayi tidur tengkurap? Sebenarnya tidur dengan posisi tengkurap tidaklah berbahaya, jika bunda selalu berhati-hati dan waspada terhadap bahaya sesak nafas, terutama yang dialami si kecil. Dan justru tidur dengan posisi tengkurap ini bisa membuat si kecil mendapatkan tidur yang nyenyak.

Baca Juga:  Apakah Normal, Jika Bayi Berkeringat Lebih?

Dan berikut ini ada beberapa hal yang harus bunda ketahui mengenai SIDS, yaitu sebagai berikut:

  1. SIDS adalam salah sat penyebab utama terjadinya kematian terhadap bayi yang berusia 1-12 bulan, dan SIDS ini sebagian besarnya terjadi pada bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan.
  2. Salah satu penyebab terjadinya SIDA yautu kasur si kecil yang terlalu empuk dan si kecil di selimuti oleh kain atau selimbut yang sangat lembut ketika ia tertidur.

Tapi bunda tidak usah khawatir, karena untuk mencegah SIDS, bunda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Jangan pernah secara sengaja menidurkan si kecil dengan posisi tengkurap, terkecuali jika si kecil sudah mulai bisa melakukan hal tersebut dengan sendirinya.
  2. Ketika si kecil masih berusia 1-12 bulan, alangkah lebih baik jika bunda selalu meletakkan si kecil dengan posisi terlentang. Kecuali jika si kecil sudah bisa tengkurap dengan sendiri tanpa adanya bantuan dari siapapun.
  3. Bunda harus memastikan kalau di sekitar si kecil tidak ada orang yang merokok, terutama ketika si kecil tengah tertidur.
  4. Bunda harus menjauhkan si kecil dari slimbut yang lembut, berbulu juga lemas, juga beberapa barang lainnya yang memang terbuat dari barang-barang yang diisikan dari kapuk seperti bantal dan guling
  5. Bunda juga harus memastikan kalau keadaan mulut dan hidung si kecil yang tengah tidur tidak tertutup oleh kain, hal ini guna mencegah terjadinya sesak napas.
  6. Bunda sebaiknya memakaikan baju pada si kecil secukupnya, dan jangan terlalu tebal dengan menggunakan sejumlah baju untuk si kecil.

Itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna menghindari SIDS yang terjadi pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517