Apakah Anda Tahu, Ternyata Khasiat Biji Mahoni Sangat Baik Untuk Kesehatan?

Khasiat biji mahoni mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Seperti yang kita ketahui bahwa mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang banyak dimanfaatkan untuk kerajinan ukiran atau mebel. Jenis kayu mahoni terbilang cukup bagus dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Nah, disamping itu biji mahoni juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Hal ini karena biji mahoni mengandung flavonoid, vitamin, mineral, saponin dan nutrisi penting lainnya.

Biji mahoni bisa dikonsumsi dengan cara dihaluskan untuk kemudian diseduh menggunakan air hangat. Untuk memperoleh manfaat yang luar biasa dari biji tersebut, sebaiknya konsumsi secara teratur. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat terbesar mengkonsumsi biji mahoni secara rutin yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Biji mahoni mengandung flavonoid dan saponin yang sangat kbagus untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi tersebut akan membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga jantung bisa berfungsi dengan baik.

2. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan suatu kondisi gangguan buang air besar yang bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya yaitu kekurangan serat sehingga menyebabkan pencernaan melambat. Nah, dengan mengkonsumsi biji mahoni maka keluhan sembelit bisa diatasi dengan mudah. Caranya yaitu dengan menghaluskan biji mahoni untuk kemudian diseduh menggunakan air hangat. Minum secara teratur, maka buang air besar akan kembali lancar.

3. Mengontrol Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu penyakit diabetes. Apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi biji mahoni yang diseduh air hangat sebelum makan. Adanya kandungan saponin akan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca Juga:  Daftar Makanan Untuk Sarapan Pagi Sehat

4. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita setiap bulan. meskipun terbilang wajar, namun nyeri haid bisa mengganggu kenyamanan untuk beraktivitas. Untuk itu segera atasi dengan mengkonsumsi seduhan biji mahoni.

5. Menekan Resiko Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit yang mengakibatkan penderitanya menjadi pikun. Nah, salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi bubuk biji mahoni yang diseduh air hangat secara teratur. Kandungan nutrisi pada biji mahoni berguna untuk meredakan penyakit tersebut.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, biji mahoni juga memiliki khasiat dalam menambah berat badan, meningkatkan kesuburan reproduksi dan mencegah gigitan serangga. Untuk memperoleh manfaat biji mahoni, cobalah untuk mengkonsumsinya secara teratur.

Biji mahoni yang sepintas tidak memiliki manfaat tenyata sangat luar biasa untuk kesehatan. Supaya citasarasa seduhan bubuk mahoni lebih enak, tambahkan sedikit madu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517