Apakah Anda Tahu, Dari Mana Munculnya Kutil?

Apakah Anda tahu, apa itu kutil dan dari mana munculnya? Kutil merupakan partumbuhan kulit yang mana disebabkan oleh sejenis human pappilomavirus (HPV) yang merupakan salah satu jenis virus penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim. Namun kutil sendiri tidak termasuk kategori kanker ganas atau sejenis kanker mematikan seperti jenis kanker lainnya. Karena virus ini hanya menyebabkan karatin, yakni protein keras yang berada pada lapisan kulit paling atas atau lapisan epidermis yang tumbuh dengan sangat cepat.

Gangguan kulit ini jelas berbeda dengan tahi lalat. Jika tahi lalat memiliki warna gelap serta berukuran cukup besar, kutil sendiri memiliki warna menyerupai kulit yang menonjol serta cenderung memiliki ukuran yang kecil. Kutil sendiri umumnya akan muncul di daerah tangan juga kaki.

Tampilan dari kutil itu sendiri juga berbeda-beda, dan tergantung pada bagian mana yang memang ditumbuhi oleh kutil serta ketebalan dari kulit yang juga mempengaruhinya. Dan kutil yang tumbuh di bagian telapak kaki disebut dengan verruca.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa virus yang menjadi penyebab kutil bisa ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit secara langsung, bahkan bisa menular juga melalui barang-barang yang sering di gunakan, seperti handuk, baju juga sepatu.

Dan berikut ini beberapa cara penularan kutil yang memang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggaruk atau menggigit kutil yang ada
  2. Mengisap jari
  3. Menggigit kuku juga bisa menyebabkan kutil menjadi menyebar pada ujung jari dan sekitar kuku
  4. Saat mencukur bulu wajah atau kaki

Mungkin telah Anda ketahui, bahwa setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang jelas sangat berbeda-beda. Oleh karena itu, ada beberapa orang diantaranya yang akan langsung terkena kutil setelah bersentuhan, namun ada juga yang memang tidak tertular setelah bersentuhan. Karena resiko seseorang tertular kutil memang sangatlah kecil.

Bahkan, para ahli juga mengungkapkan, bahwa ada beberapa jenis kutil yang bisa menyerang tubuh manusia, diantaranya yaitu:

1. Common warts (verruca vulgaris)

Jenis kutil ini memiliki permukaan yang kasar serta tekstur yang menyerupai benjolan yang tebal dan disebut dengan papula atau plak. Dan bisa muncul di bagian tubuh manapun, namun jenis kutil ini lebih sering muncul di bagian buku jari, jari, siku bahkan lutut. Dan umumnya memiliki bintik kecil gelap yang mana bintik tersebut berasal dari pembuluh darah yang membeku.

2. Verrucas (plantar warts)

Umumnya jenis kutil ini akan muncul di bagian telapak kaki, dan terkadang muncul juga di bagian tumit serta jari kaki. Dan biasanya, jenis kutil ini akan disertai dengan rasa sakit, bahkan akan tumbuh sampai kedalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya yaitu memiliki titik hitam di bagian tengah dengan warna putih di sekitaran kutil tersebut yang disertai tekstur yang keras.

3. Plane warts (verruca plana).

Jenis kutil ini memiliki bentuk yang bulat, datar, mulus dan umumnya memiliki warna sedikit kekuningan, kecoklatan atau bahkan menyerupai warna kulit. Umumnya akan terjadi pada anak-anak di bagian kaki, tangan hingga wajah.

4. Filiform warts (verruca filiformis)

Jenis kutil ini memiliki bentuk panjang yang mana biasanya akan Anda temukan di bagian kelopak mata, leher hingga ketiak. Namun kutil ini sangat jarang di temukan.

Sebagian besar, kutil ini memang tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan medis yang serius, karena umumnya kutil sendiri akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kutil itu sendiri disertai dengan rasa nyeri, atau bahkan mudah berdarah, maka sebaiknya Anda memeriksakannya pada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517