Apakah Anda Tahu, Apa Saja Ciri-ciri Hamil 1 Bulan?

Hamil 1 bulan. Kehamilan merupakan salah satu anugerah terbesar yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kaum wanita, dan kehamilan ini merupakan salah stau hal yang paling di harapkan bagi mereka yang sudah menikah. Namun sampai saat ini, masih banyak diantaranya kaum wanita yang tidak menyadari kalau dirinya mendapatkan anugerah terbesar tersebut, dan kerap kali mereka mengetahuinya ketika usia kehamilan menginjak usia 2-3 bulan.

Dan sebenarnya merupakan hal yang sangat penting bagi Anda menegtahui ciri ciri hamil 1 bulan. Karena dengan begitu, para ibu hamil akan jauh lebih hati-hati dalam melakukan segala bentuk aktivitas, terutama di usia kehamilan yang masih muda.

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri hamil 1 bulan yang memang harus Anda ketahui dan pahami, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bercak darah dan kram perut

Ketika seorang wanita mendapatkan kehamilan normal, umumnya di awal kehamilan mereka akan mengalami yang namanya pendarahan yang hanya berupa bercak darah dengan warna merah muda atau bahkan coklat, dan terkadang kondisi ini juga disertai dengan kondisi perut kram. Namun Anda juga harus hati-hati dengan bercak darah yang keluar tersebut, karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan pertanda keguguran, terutama ketika bercak darah yang keluar menyerupai darah menstruasi yang keluar dalam jumlah yang banyak. Dan sebaiknya Anda segera memeriksakannya pada dokter guna memastikan apakah kehamilan Anda berjalan normal atau tidak.

2. Mudah lelah

Di awal masa kehamilan Anda, umumnya tubuh Anda akan bekerja untuk membangun plasenta bayi, yakni organ yang nantinya bertugas untuk penyedia makanan si janin selama 9 bulan ke depan. Dan selama proses tersebut, butuh sangat membutuhkan energi yang lebih, di tambah tingkat hormon progestron yang tinggi akan membuat ibu hamil cepat merasa lelah. Dan kondisi ini umumnya akan Anda alami di trimester pertama masa kehamilan Anda.

3. Sering buang air kecil

Umumnya, wnaita hamil akan mengalami peningkatan cairan tubuh serta adanya tekanan yang berasal dari rahim yang mana tumbuh di dalam kandung kemih, dan kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil lebih sering memiliki hasrat untuk buang air kecil. Dan umumnya kondisi ini akan terjadi dimulai 6-8 minggu setelah proses pembuahan atau ovulasi terjadi. Dan penyebab lain dari kondisi ini yaitu, karena adanya ionfeksi saluran kemih, diuretic, ketegangan, dan serta minum dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Buah dada membengkak

Buah dada yang membengkak juga merupakan salah stau pertanda bahwa Anda mendapatkan kehamilan. Kondisi ini dikarenakan kadar hormon esterogen juga progesterone yang terus meningkat dalam beberapa minggu pertama masa kehamilan Anda. Bahkan, ada beberapa diantaranya kaum wanita yang mana sudah keluar ASI, padahal kehamilan mereka merupakan kehamilan pertama. Bukan hanya itu, biasanya bumil juga akan mengalami yang namanya rasa nyeri atau linu di bagian payudara, yang mana akan dialami beberapa hari setelah proses pembuahan terjadi.

5. Perubahan bentuk tubuh

Bukan hanya kondisi perut Anda yang akan terus membesar ketika seorang wanita mendapatkan kehamilan, namun ada juga beberapa daerah lainnya yang juga akan ikut membesar, seperti bokong, paha dan juga dada, bahkan lengan juga akan mengalami yang namanya pembengkakan.

6. Sembelit

Di masa kehamilan, biasanya Anda juga akan mengalami yang namanya sembelit. Sembelit ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesterone. Peranan dari hormon ini bukan hanya mengendurkan sejumlah otoit rahim, namun berpengaruh juga dalam mengendurkan sejumlah otot di bagian dinding usus, sehingga menyebabkan terjadinya sembelit atau dalam kata lain sulit untuk buang air besar.

Itu dia beberapa ciri seseorang hamil 1 bulan yang dilihat secara umum. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bermanfaat untuk Anda semua.

Related Posts

Share This