Apakah Anda Memiliki “Tahi lalat” Seperti Ini? Waspadai Gejala Kanker Kulit

Hampir sebagian besar orang-orang memiliki tahi lalat, baik di bagian wajah, tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya yang tertutup.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan jika Anda memiliki tahi lalat yang memang memiliki wujud yang timbul dan tidak sepeerti tahi lalat biasanya, karena tahi lalat yang nampak berwujud tersebut bisa jadi merupakan ciri melanoma atau bahkan disebut juga dengan kanker kulit.

Umumnya, tahi lalat memiliki bentuk yang bulat atau bahkan lonjong. Namun pada kasus melanoma, tahi lalat akan berbentuk asimetris, atau bentuk yang tidak beraturan. Dan hal ini diungkapkan oleh dr Aung Myo, MD, MSc selaku Medical Director Oncology MSD.

“Kemudian, border atau pinggirannya tidak rata. Warnanya juga hitam cokelat atau bahkan biru, karena biasanya tahi lalat kan berwarna hitam atau cokelat saja,” ungkap dr Aung di kantor MSD, Wisma BNI 46, Jakarta, yang di kutip dari health.detik.com (27/8/2015).

Di samping itu, diameter untuk tahi lalat yang tidak biasa atau tanda dari melanoma jaug lebih besr, bahkan ukurannya lebih dari 0,6 mm. Jika tidak di atasi segera, maka lama kelamaan ukuran tahi lalat tersebut akan mengalami suatu pelebaran atau ukurannya semakin membesar serta akan menyebar dari yang semula ukurannya kecil, akan semakin membesar dengan waktu ayng sangat singkat.

Bahkan, berdasarkan data dari Globocan pada tahun 2002, banyaknya pasien yang mengalami melanoma di Inonesia jumlahnya hingga 1.025, dan jumlah tersebut menempatkan negara Indonesia berada di urutan ke 3 Negara yang mengalami melanoma. Bahkan berdasarkan ucapan dari Dr Aung, untuk saat ini jumlah yang mengalami melanoma ini pasti lebih banyak dari sebelumnya.

Walaupun kejadian ini telatif sedikit, namun tingkatan mortalitas melanoma jauh lebih tinggi. Bahkan di Indonesia sendiri, dari jumlah 349 pasien kaum pria, ada 193 diantaranya meninggal dunia karena jenis penyakit ini. Dan dari 708 pasien wanita, ada sekitar 404 pasien yang meninggal dunia.

“Jumlah kasus di Asia sedikit tapi tingkat kematiannya kematian. Hal ini terjadi bisa karena kurang kepedulian. Kulit menghitam atau timbul tahi lalat yang mencurigakan, tidak terlalu dikhawatirkan dan tidak periksa. Jarang dilakukan pula pencegahan misalnya pakai tabir surya,” tambah dr Aung.

Ada beberapa faktor lainnya penyebab melanoma, di Asia sendiri, umumnya melanoma akan muncul di beberapa organ tubuh sangat jarang sekali terlihat, contohnya berada di bagian telapak kaki. Selain itu, sedikitnya proses pengobatan yang memang jelas sangat jauh berbeda dengan Negara Barat, dimana pengobatan penyakit ini mampu diterima dengan sangat cepat juga mudah, hal ini dikarenalan adanya kesadaran dari mereka dengan kondisi seperti ini.

Itulah ulasan mengenai tahi lalat yang bisa saja menjadi salah satu pertanda kanker kulit atau menaloma. Maka dari itu, Anda harus segera memeriksakannya jika Anda memiliki tahi lalat dengan bentuk seperti itu, agar Anda bisa segera mendapatkan pengobatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517