Apakah Anak Anda Termasuk Kategori Cerdas? Yuk, Kenali Ciri-ciri Anak Cerdas Berikut Ini!

Setiap orangtua tentunya mengharapkan seorang anak cerdas dan berprestasi. Tidak heran jika banyak orang yang berusaha dan memberikan stimulasi dengan berbagai cara supaya buah hati mereka menjadi seorang yang cerdas di masa depan. Pada dasarnya kecerdasan seorang anak sudah bisa terlihat sejak usia dini dari sikap dan perilakunya. Namun sayangnya kebanyakan orangtua tidak menyadari hal tersebut sehingga mengukur kecerdasan anak hanya ketika sudah memasuki tahap sekolah.

Pada umumnya ciri-ciri anak cerdas bisa terlihat dari proses tumbuh kembangnya. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa anak cerdas mengalami perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya. Anak-anak dengan IQ normal atau diatas rata-rata, cenderung akan berkembang sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya.

Memang benar adanya jika seorang anak baru dikatakan cerdasa ketika sudah memasuki usia sekolah dan hal tersebut bisa terlihat dari prestasi yang di raihnya di sekolah. Namun meskipun demikian, ada beberapa tanda anak cerdas yang bisa Anda kenali sejak dini. Apa saja tanda anak cerdas? Berikut ini beberapa tanda anak cerdas yang bisa Anda kenali sejak dini.

  1. Kemampuan berbicara dan berjalan berkembang lebih cepat

Salah satu tanda anak cerdas yaitu memiliki kemampuan berbicara dan berjalan lebih cepat bila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan koordinasi tubuh berjalan baik. Kemampuan motorik kasar anak berkembang lebih cepat bila dibandingkan dengan motorik halus.

  1. Memiliki kondisi fisik yang kuat

Tanda selanjutnya yaitu memiliki kondisi fisik lebih kuat dan jarang sakit. Pada dasarnya anak yang cerdas lebih aktif dalam beraktivitas sehingga tidak akan mudah merasa kelelahan. Jika anak Anda masih kecil maka bisa terlihat dari seberapa aktif si kecil dalam melakukan pergerakan.

  1. Tingkat kreativitas

Anak cerdas memiliki tingkat kreativitas yang lebih unggul dan umumnya lebih percaya diri dalam menghadapi permasalahan.

  1. Memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi

Ciri anak cerdas yang selanjutnya yaitu memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi dalam berbagai hal. Anak cerdas umumnya lebih aktif dalam bereksplorasi untuk hal-hal yang baru.

  1. Daya ingat kuat

Tingkat konsentrasi dan kemampuan mengingat sesuatu menjadi poin penting dari anak cerdas. Jika Anda mengajarkan sesuatu padanya maka siĀ  kecil akan senantiasa mengingat dan menjalankannya.

  1. Berpikir lebih maju

Anak cerdas umumnya memiliki keinginan tinggi dalam hal mempelajari sesuatu yang baru. Lebih tepatnya memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk masa yang akan datang.

  1. Lebih berani dan percaya diri

Jika si kecil mempunyai keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk perkembangan kecerdasan sorang anak. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan untuk bakat yang digemari oleh anak.

Nah, demikian beberapa tanda anak cerdas yang bisa Anda kenali sejak dini. Meskipun cukup sulit, mungkin salah satu tanda tersebut bisa terlihat di dalam diri anak Anda. Yang terpenting dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus memberikan dukungan dan stimulus positif untuk si kecil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This