Apakah Aman Menyusui Saat Hamil?

Mungkin Anda telah merencanakan kehamilan sedemikian rupa, namun jika anugerah yang Anda dapatkan hanyalah berjangka waktu yang sangat dekat dengan bayi Anda yang memang masih membutuhkan ASI ekslusif, sehingga membuat Anda bertanya-tanya apakah menyusui saat hamil bisa mempengaruhi kesehatan Anda, janin serta bayi Anda? Dan keadaan yang seperti ini justru mendatangkan pendapat yang sangat berbeda-beda di kalangan ibu hamil yang tengah menyusui, diantaranya ada yang menyapih setelah mereka mendapatkan hasil dari tes kehamilan, serta ada pula yang tetap melanjutkan memberikan ASI kepada buah hati mereka.

menyusui saat hamil

ASI atau air susu ibu merupakan salah satu sumber nutrisi utama yang memang sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil, namun bunda harus mempertimbangkan beberapa komponen yang ada, karena pemberian ASI ketika bunda tengah hamil sangatlah berbeda dengan bunda yang hanya menyusui saja. Lantas bolehkah menyusui saat hamil? Perlu bunda ketahui, bahwa kandungan ASI yang dimiliki oleh ibu hamil yang tengah menyusui akan memiliki kuantitas juga kualitas yang sangat berkurang, apalagi ketika kehamilan mulai memasuki trimester kedua. Walaupun demikian, bagi Anda yang memang ingin terus menyusui walaupun keadaannya tengah hamil, jatah nutrisi janin yang ada di dalam kandungan masih bisa terpenuhi asalkan Anda bisa memenuhi kecukupan gizi harian Anda setiap harinya.

Ibu hamil menyusui memang harus benar-benar bisa mempertimbangkan kondisi kesehatan tubuh, janin serta bayi yang tengah Anda susui. Jika si kecil sudah mulai mengenal makanan pendamping ASI, maka kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan menu makanan yang memang ia konsumsi, namun untuk bayi yang masih mengkonsumsi ASI eksklusif, sebaiknya mendapatkan perhatian yang cukup terkait pertumbuhannya, terutama berat badan serta kondisi kesehatannya.

Nah, selama proses kehamilan, Anda akan mengalami sejumlah perubahan yang pesat, terutama di usia kehamilan pertama. Dan biasanya keluhan kehamilan pada ibu yang menyusui akan di rasakan dua kali lebih besar jika di bandingkan dengan ibu hamil yang pada umumnya, terutama yang berhubungan langsung dengan payudara. Pada umumnya, putting susu bumil akan mengalami perubahan jauh lebih lunak bahkan kerap kali mengalami lecet, sehingga Anda bisa mensiasatinya dengan cara mengambil posisi senanyaman mungkin, begitupula dengan kondisi fisik Anda yang kerap kali merasa lelah, dan sebaiknya Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter kandungan atau bahkan kepada bidan guna memperoleh penanganan, terutama penambahan vitamin.

Sedangkan untuk janin yang ada di dalam kandungan, ia tidak akan mengalami perubahan jatah nutrisi, jika Anda mampu memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Bukan hanya itu, salah satu kondisi yang mungkin saja Anda dapatkan yaitu kemungkinan terjadinya kontraksi rahim ketika Anda menyusui yang memang dipengaruhi oleh hormon oksitosin.

Nah itulah beberapa hal yang harus dan wajib Anda ketahui, terutama bagi ibu hamil yang tengah menyusui. Semoga informasi kali ini bisa sangat membantu Anda semua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517