Apa Yang Terjadi Pada Kehamilan 26 Minggu?

Tak terasa kini kandungan Bunda sudah memasuki kehamilan 26 minggu. Hal ini tentunya akan membuat Anda semakin panasaran dan sudah tidak sabar untuk menantikan kelahiran si buah hati yang didamba-dambakan. Lalu apa saja yang terjadi pada minggu ini?

Pada 26 minggu kehamilan, si kecil memiliki masa tubuh yaitu sekitar 760 gram dan panjangnya sekitar 35,5 cm. Bertambahnya panjang dan berat bayi merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk keselamatan pada waktu melahirkan nantinya.

Perkembangan janin usia kehamilan 26 minggu diantaranya yaitu organ paru-paru sudah berkembang dengan sangat baik walaupun alveoli serta pembuluh darah pada paru-parunya. Namun didalam rahim belum terdapat oksigen sehingga si kecil berlatih bernafas dengan cara menghirup air ketuban.

Pendengaran si kecil berkembang dengan sangat baik dan kepekaan sentuhan jauh lebih baik dari minggu sebelumnya. Kini si kecil bisa merasakan sentuhan  dan usapan yang Anda lakukan pada perut. Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini karena janin sudah memiliki perkembangan sistem saraf yang berfungsi dengan baik.

Perkembangan janin yang semakin pesat membuat janin bergerak lebih aktif untuk bergerak. Gerakan mengepal merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh janin. Kini dia juga mulai terbiasa menyentuh wajahnya dan merasakan sensai sentuhan.

Pada minggu ke-26 ini kelopak mata si kecil akan mulai terbuka sehingga perkembangan indera si kecil kini semakin bertambah. Dalam hal ini Anda harus senantiasa menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan asupan makanan yang bergizi.

Perhatikan Asupan Nutrisi Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Untuk mendukung perkembangan janin di minggu ke-26 maka Anda harus memberikan asupan makanan yang bergizi, salah satunya dengan memperhatikan asupan kalsium. Manfaat dari kalsium yaitu membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Maka dari itu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin maka penuhi kebutuhan kalsium dengan konsumsi makanan seperti susu, yoghurt, telur, almond, tahu, kacang-kacangan, ikan salmon, kubis dan daun lobak.

Bagi Anda yang tidak menyukai ikan maka bisa mencukupi kebuthan kalsium melalui sayur-sayuran seperti kacang panjang, biji-bijian, dan bayam. Bahkan Anda bisa mengkonsumsi roti gandum yang kaya manfaat.

Memasuki minggu 26 kehamilan, keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil yaitu pegal-pegal dibagian kaki. Hal ini terjadi karena perkembangan bayi didalam kandungan yang semakin hari semakin meningkat.

Peningkatan berat menjadikan kaki Anda harus menumpu beban yang sangat berat. Nah, hal ini memberikan pengaruh terhadap pembuluh darah. Maka dari itu, pegal-pegal memasuki hamil tua sebaiknya segera diatasi dengan benar supaya tidak menimbulkan keluhan yang lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi pegal-pegal pada kaki yaitu dengan memperbanyak asupan cairan berupa konsumsi air putih. Selain itu, usahakan untuk bergerak aktif dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan peregangan ringan.

Ibu hamil 26 minggu tidak dianjurkan untuk memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi karena beresiko memperparah kondisi pegal-pegal pada kaki. Bahkan dikhawatirkan akan terjatuh sehingga beresiko keguguran.

Disamping itu, lakukan pemeriksaan kondisi kehamilan ke dokter kandungan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan janin didalam kandungan pada usia kehamilan 26 minggu. Pemeriksaan juga berguna untuk mendeteksi adanya kelainan pada janin sehingga bisa ditangani sedini mungkin.

Demikian sekilas tentang perkembangan janin usia kehamilan 26 minggu. Mejaga asupan nutrisi dan menjaga kesehatan menjadi salah satu kunci kehamilan yang sehat hingga waktunya persalinan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517