Apa Sajakah Gangguan Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita?

Gangguan kesuburan pria dan wanita merupakan salah satu hal yang sangat berbahaya dan bisa mengancam keharmonisan rumah tangga. Pada dasarnya masalah kesuburan terjadi karena terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan penurunan kualitas serta kuantitas sperma pada pria. Persentase gangguan kesuburan yaitu sekitar 40% dari pria dan 40% wanita serta angka 30% dialami oleh keduanya.

Pasangan suami isteri dikatakan tidak subur jika setelah 2 tahun menikah dan melakukan hubungan intim secara berkala tetapi belum juga dikaruniai anak. Apabila hal ini terjadi jelas menjadi sebuah permasalahan yang cukup serius dan harus segera ditangani.

Di bawah ini ada beberapa penyebab gangguan dari kesuburan pria yang harus di ketahui, yaitu sebagia berikut:

1. Gangguan Hormonal

Salah satu penyebab gangguan kesuburan pada pria yaitu faktor hormonal yang menghalangi produksi sperma. Supaya testis menghasilkan sperma maka diperlukan hormone dari kelenjar pituitary. Jika produksi hormone menurun maka akan berdampak terhadap kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan.

2. Kelainan Genetik

Kelainan genetic memang jarang terjadi, namun hal ini tentunya perlu diwaspadai. Kelainan genetic meliputi gangguan kromosom seks dan sindrom klinefelter.

3. Varikokel

Pria rentan mengalami pelebaran pembuluh darah vena di sekitar testis. Biasanya indikasi tersebut terjadi benjolan diatas buah zakar sebelah kiri.

4. Sumbatan Sperma

Saluran sperma yang tersumbat tentunya tidak akan membuahi sel telur. Hal ini biasanya dipicu oleh infeksi pada saluran reproduksi.

5. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tiak sehat akan mempengaruhi kesuburan seorang pria. Merokok, konsumsi obat-obatan dan minuman alkohol akan memperbesar resiko kemandulan. Dampak negatif gaya hidup tidak sehat yaitu penurunan kualitas sperma hingga disfungsi ereksi.

Selain kesuburan pria, ada juga penyebab dari gangguan kesuburan wanita yang memang mampu menghambat Anda dalam memiliki momongan, yaitu sebagai berikut:

1. Endometriosis

Merupakan sel selaput rahim yang tumbuh dan kberkembang di tempat yang tidak semestinya. Biasanya terjadi pada bagian indung telur. Kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya pelengketan disekitar organ reproduksi terutama saluran telur.

2. Kelainan Lendir Rahim

Lendir yang terlalu pekat akan menghambat laju sperma dan lendir yang terlalu asam akan membunuh sperma.

3. Sumbatan Saluran Telur

Sumbatan pada saluran telur bisa terjadi akibat terdapat perlengketan di sekitar saluran telur. Biasanya wanita yang mengalami ini akibat dampak radang panggul. Kondisi seperti ini akan mengganggu pertemuan sel sperma dan sel telur.

4. Berat Badan Tidak Seimbang dan Faktor Usia

Wanita yang memiliki kelebihan berat badan cenderung akan mengalami gangguan reproduksi atau kesuburan. Selain itu, faktor usia juga berperan penting dalam mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Mamasuki usia 40 tahun keatas, wanita rentan mengalami menopause sehingga tidak lagi bisa hamil.

5. Kelainan Rahim

Adanya gangguan dan penyakit pada rahim akan membuat fungsinya terganggu. Kalaupun terjadi kehamilan maka hal ini biasanya tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517