Apa Saja Sih Pantangan Ibu Hamil?

Ketika Anda tengah hamil, ada beberapa pantangan ibu hamil yang seharusnya diperhatikan secara benar. Bahkan ada sejumlah makanan, minuman juga aktivitas tertentu yang memang menjadi pantangan ibu hamil. Hal tersebut harus Anda perhatikan, karena jika tidak di perhatikan dengan baik akan berakibat fatal bagi kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan Anda. Banyak diantaranya ibu hamil yang minim akan informasi yang berkaitan dengan hal ini, sehingga masih banyak diantaranya ibu-ibu hamil yang melakukan beberapa hal yang menjadi pantangan untuk ibu hamil. Dan bagi Anda yang memang sudah mengetahui pantangan ibu hamil, maka jangan pernah Anda sekali-kali nekad untuk mendekati hal tersebut.

Pantangan Ibu Hamil

Dan berikut ini ada beberapa pantangan ibu hamil yang memang tidak seharusnya di lakukan oleh seorang yang tengah mengandung, yaitu sebagai berikut:

Mengkonsumsi kafein

Kefin, kafein ini sangat di larang untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Mengapa? Karena kafein ini mampu memicu hormon stress terutama bagi ibu hamil, bahkan kafein juga bisa mempengaruhi kadar klasium yang ada di dalam tubuh. Jika ibu hamil mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan, maka alhasil janin yang berada di dalam kandungan bisa terkena keluhan terhadap kesehatan, salah satunya adalah tidak teraturnya detak jantung si bayi. Dan jelas kondisi seperti ini bukanlah kondisi yang ringan. Kandungan kafein bukan hanya di temukan di dalam kopi, namun kandungan kafein ini bisa Anda temukan juga di dalam koe, es krim, teh, coklat juga permen. Oleh karena itu, ketika Anda hamil, Anda harus menjadi orang yang lebih berhati-hati lagi dalam memiliki jenis makanan.

Mengkonsumsi minuman bersoda

Mengapa minuman bersoda di larang untuk ibu hamil? Karena minuman bersoda memiliki kandungan kafein, bahan pengawet, asam, gula juga fosfat yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan si janin yang ada di dalam kandungan, sehingga ibu hamil sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi minuman bersoda ini. Bukan hanya itu, bahkan ada diantaranya sejumlah penyakit yang juga bisa di picu oleh minuman bersoda ini, misalkan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung bahkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika seoarng ibu hamil menderita diabetes, maka bobot bayi akan semakin besar, dan hal tersebut akan menyulitkan ketika proses persalinan berlangsung. Bukan hanya itu, minuman bersoda ini juga bisa memicu timbulnya hipertensi dikarenakan memiliki kandungan kafein. Dan ketika Anda tengah hamil, hipertesi ini mampu memicu keracunan terhadap kehamilan atau preklamsia dan bayi lahir secara prematur.

Mengkonsumsi minuman keras dan merokok

Bukan hanya minuman bersoda, ternyata minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol juga berbahaya terhadap kesehatan janin. Minuman keras atau minuman beralkohol juga rokok akan mengganggu kesehatan ibu hamil, terutama bagi janin yang berada di dalam kandungan. Dan ketika Anda merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol, maka kemungkinan besar kematian bayi akan terjadi, karena minuman beralkohol serta rokok telah terbukti dapat memicu beragam jenis penyakit yang berbahaya bahkan mematikan.

Tidak berolahraga saat mual

Berolahraga berat ketika Anda hamil memang sangat tidak di anjurkan, karena olahraga merupakan salah satu aktivitas pantangan ibu hamil, dan sebaiknya Anda hanya menjalankan olahraga ringan saja, atau bahkan Anda bisa mengikuti olahraga yang di khususkan untuk ibu hamil. Dan sebaiknya, olahraga yang Anda terapkan lebih terfokus terhadap teknik mengolah pernafasan yang memang sangat berguna ketika Anda hamil serta proses persalinan. Namun, ketika Anda tengah merasa lemas ataupun mual, sebaiknya Anda menghentikan aktivitas berolahraga tersebut, karena jika Anda terlalu memaksakannya, hal ini justru bisa menganggu kesehatan Anda serta janin yang ada di dalam kandungan.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil yang harus benar-benar Anda perhatikan. Karena jika Anda memaksakan diri untuk melakukan beberapa hal di atas, maka akan sangat berakibat fatal terhadap kesehatan Anda juga janin yang ada di dalam kandungan Anda.

Related Posts

Share This