Apa Saja Perkembangan Bayi 5 Bulan?

Di usianya yang memasuki usia 5 bulan, maka perkembangan bayi 5 bulan semakin berkembang dengan pesat. Si kecil sudah mulai bisa dan mahir untuk mempergunakan semua fungsi dari organ-organ tubuhnya. Dan di perkembangan bayi 5 bulan ini lah, si kecil sudah mulai memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara dengan menggunakan lidah juga bibirnya. Dan suara yang kerap kali terdengar yaitu suara menggumam juga suara yang berdecak.

Bukan hanya itu, pada bayi 5 bulan, ia juga sudah mulai bisa juga mempelajari suara-suara yang ada di sekitarnya, dan setelah itu belajar untuk meniru suara yang ia dengar. Dan inilah salah satu cara atau mekanisme si kecil guna memulai kemampuan dalam berbahasa. Oleh karena itu, ketika si kecil mulai memasuki usia 5 bulan, maka Anda akan mulai mendengar ia menggumamkan beberapa kata atau bahkan suara yang sama hampir berulang kali.

Pada fase perkembangan bayi usia 5 bulan ini, si kecil juga mulai mampu untuk tertawa dengan suara yang lepas. Nah, guna merangsang agar si kecil mau tertawa atau bahkan bersuara dengan menggunakan mulutnya, cobalah Anda untuk membuat tanggapan ketika si kecil mulai tertawa atau bahkan Anda juga bisa membuat gerakan yang memang bisa merangsang si kecil untuk tertawa.

Bukan hanya itu, dengan kemampuan awalnya dalam berbahasa, bayi 5 bulan juga sudah mulai bisa memberikan suara yang berbeda-beda, terutama ketika ia tengah merasakan lapar atau bahkan ketika ia tengah BAB.

Di usianya yang memasuki usia 5 bulan, si kecil lebih suka didudukkan jika dibandingkan dengan posisi tegak jika dibandingkan dengan posisinya yang ditidurkan layaknya bayi yang baru lahir. Dan sebaiknya, si kecil yang barus berusia 5 bulan di dudukkan dengan cara memberikannya sandaran seperti bantal atau bahkan bisa Anda sandarkan kepada tubuh Anda guna membuat si kecil lebih cepat bisa duduk dan menghindari kebengkokan terhadap punggung.

Ketika si kecil mulai bisa duduk, maka disinilah saatnya Anda mengenalkan dia dengan gelas minum bermoncong. Anda bisa memilih jenis gelas bermocong yang memiliki dua pegangan serta terbuat dari bahan yang tidak tajam sehingga tidak membahayakan si kecil, selain itu pilihlah bahan yang tidak mudah pecah, karena di usianya sekarang ia mulai suka membanting apapun yang ia pegang atau bahkan memukul-mukulkannya ke lantai. Dan ketika Anda mengajarkannya minum dengan menggunakan gelas minum bermoncong, maka pastinya akan banyak sekali air yang tumpah, maka dari itu sebaiknya Anda memberikan lembaran kain yang dapat menyerap air di bagian bawah dagu si kecil ketika ia tengah minum.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517