Apa Saja Khasiat Akar Alang Alang Untuk Kesehatan?

Alang-alang atau ilalang adalah salah satu jenis tanaman gulma. Biasanya tanaman ini dianggap sebagai hama sehingga seringkali disingkirkan oleh petani. Alang-alang memang dianggap sebagai tanaman yang sangat mengganggu. Namun meskipun demikian, ternyata khasiat akar alang-alang untuk kesehatan sangat luar biasa.

Akar alang-alang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti panas dalam. Akar alang-alang mengandung zat imperanene yang merupakan zat yang mampu menghambat sel pembeku darah. Tanaman ini bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya berikut ini berbagai khasiat yang bisa Anda peroleh dari akar alang-alang.

1. Mengobati Mimisan

Mengobati mimisan memang sangat identik dengan daun sirih. Namun ternyata mimisan bisa diatasi dengan menggunakan akar alang-alang. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan menumbuk akar alang-alang, kemudian peras untuk mendapatkan sarinya. Minum ramuan tersebut secara teratur.

2. Meredakan Panas Dalam

Akar alang-alang sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk racikan obat panas dalam. Pada dasarnya akar alang-alang memiliki khasiat yang bagus untuk meredakan panas dalam. Cara pembuatan ramuan tersebut sangat mudah yaitu dengan membersihkan akar alang-alang. Kemudian jemur hingga mengering dan haluskan hingga menjadi bubuk halus. Nah, langkah selanjutnya yaitu menyeduh bubuk akar alang-alang tersebut dengan tambahan madu atau gula merah.

3. Obat Keputihan

Masalah keputihan seringkali terjadi pada wanita. Namun, bagi Anda yang sering mengalaminya sebaiknya hindari pembersih atau obat keputihan yang menggunakan bahan kimia. Alangkah lebih baik jika menggunakan bahan alami berupa akar alang-alang. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus akar alang-alang dengan tambahan pulasari dan daun pepaya. Saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

4. Mengobati Kencing Darah

Khasiat akar alang-alang yang selanjutnya yaitu untuk mengobati kencing darah. Caranya sama yaitu dengan merebus akan alang-alang hingga mendidih. Lalu pisahkan antara amapas dengan airnya dengan cara disaring. Nah, minum air rebusan tersebut secara teratur yaitu 2 kali sehari.

5. Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal bisa membahayakan jika tidak segera ditangani dengan benar. Penyakit ginjal bisa menyebabkan komplikasi yang lebih parah bahkan bisa sangat membahayakan. Maka dari itu, untuk mengatasi penyakit tersebut bisa menggunakan akar alang-alang. Caranya yaitu merebus akar alang-alang hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur.

Nah, demikian beberapa khasiat akar alang-alang untuk kesehatan. Bahkan air rebusan akar alang-alang bisa Anda minum secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk membuat ramuan tersebut Anda bisa menambahkan madu dan jahe sehingga khasiatnya lebih baik. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This