Apa Saja Jenis Mineral dan Vitamin Untuk Anak?

Mineral dan vitamin untuk anak memang harus diperhatikan dan diberikan dengan baik. Hal ini mengingat pada masa tumbuh kembang anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak berupa vitamin dan mineral guna menunjang tumbuh kembangnya. Dalam hal ini orangtua wajib untuk memperhatikan dan memberikan asupan nutrisi tersebut secara rutin sehingga perkembangan anak tidak mengalami gangguan.

Jika asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral terganggu maka hal ini sangat berisiko terhadap kesehatan anak yang pada akhirnya tumbuh kembangnya juga ikut terganggu. Guna mengoptimalkan asupan nutrisi berupa mineral dan vitamin untuk anak maka perhatikan pola makan anak dengan memberikan asupan makanan yang bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, telur, ikan, daging dan lainnya.

Lalu apa saja jenis mineral dan vitamin untuk anak yang penting untuk diberikan secara teratur? Berikut ini penjelasannya!

Vitamin A

Salah satu jenis vitamin untuk anak yaitu dari kelompok vitamin A. Jenis vitamin ini penting untuk anak dalam menjaga kesehatan indera penglihatan dan juga menunjang perkembangan tulang. Selain itu vitamin A berperan dalam meningkatkan imun tubuh, membentul sel dan jarinagn serta mencegah adanya infeksi dalam tubuh.

Vitamin C

Jenis vitamin ini sudah tidak asing lagi dan banyak terdapat pada buah-buahan serat sayuran. Fungsi dari vitamin C ini adalah untuk memperbaiki sel-sel darah merah, menjaga kesehatan gusi, meningkatkan imun tubuh, mencegah terjadinya infeksi dan memnperkuat pembuluh darah. Bahkan jenis vitamin ini juga berguna untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Vitamin D

Selanjutnya vitamin untuk anak yang penting untuk diberikan yaitu jenis vitamin D. Manfaat dan fungsinya yaitu untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta berperan penting dalam proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Dengan kata lain vitamin D penting untuk mendukung perkembangan tulang anak.

Vitamin E

Asupan vitamin E juga tidak kalah pentingnya dalam mencegah radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan dan mengganggu tumbuh kembang anak. Bahkan asupan vitamin E yang baik akan mendukung perbaikan DNA dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Kalsium

Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Bahkan pada usia anak-anak kalsium berperan penting untuk pembentukan tulang dan gigi anak. Selain itu kalsium juga berguna untuk kesehatan otot dan sistem saraf. Kalsium bisa diperoleh dari jenis makanan seperti keju, susu, yoghurt dan beberapa jenis sayuran.

Zat Besi

Zat beris teramat penting untuk memproduksi haemoglobin atau pembawa oksigen dalam darah. Jika kekurangan zat besi maka dikhawatirkan bisa menyebabkan penyakit anemia sehingga menghambta tumbuh kembang anak. Hal ini perlu diwaspadai sedini mungkin. Jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi tersebut.

Asam Lemak Esensial (EFA)

Apa manfaat asam lemak esensial? Manfaatnya tidak lain yaitu untuk mengatur sistem saraf, meningkatkan imunitas tubuh, membantu pembentukan sel, menjalankan fugsi otak dengan baik dan menjaga kesehatan penglihatan.

Kalium

Nutrisi yang satu ini berguna untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh yang berkolaborasi dengan natrium. Dengan kata lain kalium berperan dalam menjaga tekanan darah supaya tetap normal dan menjaga fungsi otot serta irama jantung tetap stabil.

Magnesium

Apa manfaat magnesium? Dalam hal ini magnesium penting diberikan pada anak guna menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang dan juga menjaga fungsi saraf.

Seng

Seng dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme dan menjaga kesehatan pencernaan anak.

Demikian beberapa jenis mineral dan vitamin untuk anak yang sebaiknya Bunda berikan dalam tahap tumbuh kembangnya. Jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi tersebut karena bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517