Apa Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat Menstruasi?

Menstruasi merupakan salah satu siklus yang terjadi pada wanita setiap bulan. Semua wanita yang masih dalam keadaan subur tentunya akan mengalami menstruasi setiap bulan secara rutin dan teratur. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda tentunya. Bahkan siklus menstruasi juga biasanya akan mengalami pergeseran. Lancar atau tidaknya menstruasi bisa dipengaruhi oleh banyak hal baik itu secara internal ataupun eksternal.

Setiap wanita pasti dengan mudah mengingat kapan dia akan menstruasi. Bahkan beberapa hari sebelum menstruasi sudah ada tanda-tanda yang dirasakan bahwa akan tiba waktunya. Salah satu indikatornya yaitu nafsu makan yang mengalami peningkatan. Seringkali muncul pertanyaan mengapa pada waktu mentruasi nafsu makan meningkat?Apa sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut?

Sebagian besar wanita pastinya akan mengalami kondisi yang sama dimana perut tidak akan dengan mudah merasa kenyang dan ingin makan terus saat menstruasi. Nafsu makan yang meningkat menjelang dan ketika menstruasi terjadi karena adanya perubahan hormonal didalam tubuh. Perubahan hormone kortisol, progesterone, kadar magnesium dan serotonin didalam tubuh mempengaruhi nafsu makan wanita ketika menstruasi.

Berikut Ini Perubahan Hormon Pada Waktu Menstruasi yang Mempengaruhi Nafsu Makan

Kortisol

Produksi hormone kortisol akan meningkat menjelang menstruasi sebagai upaya bagi tubuh dalam mempersiapkan diri menghadapi menstruasi. Bahkan peningkatan hormone ini juga akan membuat nafsu makan meningkat terutama keinginan untuk mengkonsumsi jenis makanan manis. Hal ini seringkali membuat wanita tidak terkontrol untuk mengkonsumsi makanan manis.

Serotonin

Ketika hormone kortisol mengalami peningkatan maka serotonin akan terjadi penurunan. Nah, hal ini mengakibatkan nafsu makan meningkat pada saat wanita sedang menjalani masa menstruasi. Bisa dikatakan bahwa hormone kortisol adalah hormone stress dan serotonin adalah hormone bahagia. Nah, ketika hormone bahagia menurun maka efek samping yang terjadi untuk menyamankan suasana adalah dengan peningkatan nafsu makan yang tidak terkontrol. Makin banyak makan maka makin nyaman perasaannya.

Magnesium

Jika Anda memiliki keinginan untuk makan cokelat ketika menstruasi, maka hal ini normal adanya sebagai bentuk respon tubuh yang kehilangan atau menurunnya kadar magnesium pada waktu menstruasi. Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan magnesium.

Progesteron

Kadar hormone progesterone akan anjlok pada waktu menstruasi sehingga akan memunculkan gejala PMS berupa perasaan sedih. Tidak mengherankan jika pada waktu haid banyak wanita yang tiba-tiba memiliki keinginan untuk makan menjadi lebih besar karena hal ini sebagai salah satu cara untuk mengalihkan perasaan tersebut atau dengan kata lain untuk mengatasi gejala PMS. Biasanya lebih banyak mengkonsumsi makan yang mengandung karbohidrat.

Nah, demikian beberapa penyebab mengapa nafsu makan seorang wanita meningkat pada waktu haid. Jangan heran jika Anda seorang wanita dan mengalami nafsu makan pada waktu haid. Kondisi tersebut memang normal adanya yang penting bisa mengontrolnya supaya tidak membahayakan masalah kesehatan tubuh. Imbangi dengan olahraga supaya tubuh tetap sehat dan menstruasi lancar.

Atur pola makan sehat pada waktu menstruasi dengan konsumsi makan ksehat dan bergizi. Jangan asal konsumsi makanan yang pada akhirnya justru membahayakan kesehatan Anda. Dengan pola makan sehat maka hidup Anda akan lebih sehat. Terlebih lagi pada waktu menstruasi kesehatan tubuh harus benar-benar terjaga. Menstruasi lancar, tubuh sehat dan mood terjaga dengan baik bisa Anda rasakan jika bisa mengontrol perubahan hormone pada wkatu menstruasi. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi kaum hawa.

Related Posts

Share This