Apa Penyebab Bayi Sering Kentut?

Buang angina atau di sebut dengan kentut merupakan satu proses yang alami yang terjadi pada tubuh, bahkan hal yang sama juga kerap di alami oleh bayi. Bayi atau si kecil akan mengeluarkan gas yang memang tidak di butuhkan oleh tubuhnya, lantas hal apa yang bisa di pelajari bunda ketika kondisi si kecil sering buang angina atau bayi sering kentut setiap waktu? Apakah itu pertanda kalau terjadinya masalah kesehatan pada si kecil? Nah, pada kesempatan ini, kami akan membahas penyebab bayi sering kentut serta cara mengatasinya.

bayi sering kentut

Buang angin atau kentut yang terjadipada bayi merupakan satu hal yang wajar terjadi, namun jika si kecil terlalu sering buang angina itu akan menjadi satu kekhawatiran bagi bunda. Lantas kenapa bayi sering kentut? Dalam persoalan ini, bunda harus bisa membedakan keadaan bayiyang normal serta keadaan bayi yang memiliki masalah dalam kesehatan.

Salah satu penyebab bayi sering kentut yaitu karena produksi gas yang ada di dalam tubuh si kecil berlebihan. Di dalam usus besar terdapat mikroorganisme yang memang memiliki fungsi untuk melakukan fermentasi zat-zat makanan yang memang tidak bisa di serap oleh usus halus, dan salah satunya yaitu gas. Jumlah gas yang terlalu banyak di dalam usus besar bisa disebabkan karena si kecil menelan udara secara berlebihan, terutama ketika si kecil tengah menyusu.

Ketika si kecil mendapatkan ASI, kandungan laktosa yang ada di dalam ASI akan mempengaruhi pencernaan si kecil, sehingga pada bayi yang masih berumur di bawah 4 bulan yang memang kondisi pencernaan bayi di umur itu masih belum sempurna, dan itu akan mempengaruhi pengurai laktosa sehingga menyebabkan turun ke usus besar, dan ketika itu mikroorganisme akan melakukan fermentasi di dalamnya.

Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi bayi sering kentut, yaitu sebagai berikut:

  1. Bunda bisa menepuk-nepuk bagian punggung si kecil dengan frekuensi yang tepat. Bunda bisa meepuk punggung si kecil pada skala 3-5 menit, sehingga membantu si kecil untuk mengurangi akumulasi gas yang ada di dalam saluran pencernaan si kecil.
  2. Memberikan si kecil susu formula dalam frekuensi yang sering juga bisa memicu produksi gas yang berlebihan, apalagi ketika ukuran dot si kecil lebih kecil sehingga bisa menyebabkan asupan gas yang banyak ke dalam tubuh si kecil.
  3. Bunda juga bisa menggunakan minyak telon yang kemudian di gunakan untuk membuat perut si kecil menjadi lebih nyaman. Ketika si kecil terlalu banyak membuang gas yang membuatnya menjadi rewel, maka bunda bisa mengurangi kerewelannya dengan memijat perut si kecil dengan lembut. Bunda bisa menggunakan minyak telon di sekitar perutnya dengan cara mengusap lembut dengan menggunakan minyak telon yang cukup.
  4. Nah, untuk si kecil yang memang telah mendapatkan makanan pendamping ASI, salah satu penyebab terjadinya buang angina yang sering pada si kecil yaitu intoleransi makanan. Sehingga bunda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih jenis makanan yang tepat untuk si kecil.

Kini bagi bunda yang memiliki masalah dengan buang angina atau kentut yang sering terjadi pada si kecil, maka sebaiknya bunda tidak perlu merasa khawatir. Bunda bisa memberikan pertolongan terlebih dahulu dengan beberapa langkah yang telah kami uraikan di atas, namun jika keadaan si kecil semakin parah, maka bunda harus secepatnya membawa si kecil ke dokter. Jangan sampai bunda memberikan obat kepada si kecil tanpa adanya resep dari dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517