Apa Penyebab Batuk Pada Bayi?

Banyak bunda yang bertanya, apa penyebab batuk pada bayi? Sebenarnya batuk akan terjadi terhadap anak ketika adanya reflek fsiologis seorang anak karena adanya suatu benda yang memang mengganggu saluran pernapasan si kecil.

Gangguan batuk pada bayi ini bisa berupa debu, asap atau bahan lainnya yang memiliki sifat tidak bersahabat dengan saluran pernafasan si kecil. Dan ketika si kecil menghirup udara yang tengah tercemar, maka batuk pada bayi merupakan salah satu mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh tubuh guna membersihkan saluran pernafasan si kecil serta bermanfaat untuk mengeluarkan benda asing yang memang telah berhasil masuk kedalam saluran pernafasannya.

Batuk juga bisa dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu batuk berdahak, batuk yang dikarenakan adanya dahak atau lendir yang masuk kedalam tenggorokan. Batuk kering, batuk yang kering dan tidak mengeluarkan dahak atau bahkan lendir. Dan yang terakhir batuk yang disertai dengan flu, Jenis batuk ini akan terjadi ketika si kecil mengalami batuk yang disertai dengan hidung yang tersumbat, demam, pilek sampai bersin-bersin, dan itu menyebabkan batuk pilek pada bayi.

Nah, untuk penyebab batuk itu sendiri, berikut kami ulas mengenai penyebab batuk pada bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya Peradangan

Peradangan ini merupakan salah stau penyebab umum yang kerap terjadi pada anak atau bayi, peradangan terhadap tenggorokan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya batuk. Mengapa? Hal ini dikarenakan adanya gangguan terhadap saluran pernapasan yang memang bisa membuat keadaan tubuh menjadi tidak nyaman, bahkan secara reflex berusaha untuk mengeluarkan benda asing yang ada di dalam tubuh tersebut.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

ISPA ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya batuk pada bayi atau anak-anak. Infeksi jenis ini bisa terjadi karena adanya bakteri atau bahkan virus yang masuk kedalam saluran pernapasan si kecil. Bahkan infeksi ini juga bisa diakibatkan oleh adanya gejala dari TBC, sinusitis bahkan bronchitis.

  1. Udara Kotor

Udara yang kotor juga merupakan salah satu penyebab terjadinya batuk pada anak, udara kotor ini bisa dipengaruhi oleh polusi udara atau bahkan asap rokok. Dan kedua benda tersebut pastinya sangat tidak bersahabat untuk seluruh jenis pernapasan, baik anak-anak, bayi atau bahkan orang dewasa. Sebaiknya Anda dapat menghindari si kecil dari polusi udara yang berlebihan.

  1. Asam Lambung

Asam lambung juga merupakan salah satu penyebab terjadinya batuk pada anak. Hal ini dikarenakan ketika asam lambung si kecil tiba-tiba naik, sampai mengganggu tenggorokan si kecil. Dan kejadian ini kerap kali membuat si kecil merasa sangatlah tidak nyaman, bahkan bisa membuat tidurnya yang tidak nyaman.

  1. Banyaknya Lendir

Nah, penyebab lain yang memang bisa menjadi penyebab terjadinya batuk terutama batuk berdahak yaitu banyaknya lendir yang bisa mengganggu saluran pernapasan, dan hal ini bisa saja terjadi ketika si kecil tengah pilek atau bahkan tengah mengalami gangguan sinusitis.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517