Apa Itu Kista Bartholin?

Apa itu kista bartholin? Yaitu tumor yang terjadi karena adanya oklusi saluran utama yang ada di dalam kelenjar vulvovaginalis bartholin yang mana kelenjar tersebut merupakan salah satu organ yang memiliki ukuran sebesar biji kacang polong yang terletak di bagian are vagina wanita. Jika dalam keadaan normal, kelenjar ini tidak akan terlihat. Kista bartholin ini adalah jenis penyakit yang umum terjadi pada wanita di usia produktif yaitu antara usia 20-30n tahun. Namun sangat jarang di temukan di wanita atau pasien yang berusia di atas 40 tahun.

penyakit kista pada wanita

Penyakit kista pada wanita ini disebabkan oleh beberapa hal, dan diantaranya yaitu karena adanya peradangan atau bahkan trauma yang terjadi sehingga mengakibatkan adanya dilatasi kistik dukus. Umunya penyakit ini tidaklah berbahaya bahkan akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika ukurannya semakin membesar, maka akan menyebabkan dyspareunia, sehingga wanita yang menderita kista ini akan mengeluhkan sakit. Abses kelenjar bartholin yang memang disertai dengan adanya dyspareunia, sehingga akan mengakibatkan wanita yang mengidak penyakit ini akan mengelihkan sakit atau nyeri di bagian vilva yang akan mengkibatkan sakit ketika berjalan.

Kelenjar ini memiliki ukuran sebesar biji kacang polong, bahkan tidak bisa di raba dengan tangan. Namun jika terjadi infeksi, maka kelenjar ini akan mengalami pembesaran. Di masa pubertas, kelenjar ini akan memberikan fungsi guna kelembababn pada bagian vestibulum.

Kelenjar bartholin ini memiliki fungsi yang baik guna melumasi ketika Anda berhubungan seksual dengan suami pada area keanitaan Anda. Maka jika adanya pembengkakan, maka hal ini akan memicu perkembang biakan kista pada are V.

Obat kista bartholin akan sangat tergantung pada beberapa hal, diantaranya yaitu:

  1. Seberapa parah dampaknya yang muncul
  2. Ukuran dari kista itu sendiri]
  3. Kista akan menimbulkan sejumlah tanda atau bahkan gejala
  4. Jika kista terinfeksi maka akan menimbulkan abses

Baca juga : Kenali Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kista Bartholin

Namun sampai saat ini, masih belum di temukan cara guna mencegah terjadinya penyakit kista bartholin. Namun bagi Anda kaum wanita, sebaiknya Anda menjaga kebersihan are kewanitaan dengan baik, dan berhati-hatilah ketika tengah berhubungan seksual agar tidak menjadi pembentukan kea rah abses. Dengan begitu, Anda yang memang mengalami benjolan di bagian kewanitaan, bahkan mulai bisa di raba oleh tangan, dan seperti adanya perubahan yang semakin hari semakin membesar, maka silahkan Anda konsultasikan persoalan ini kepada dokter, sehingga bisa mencegah terjadinya perkembangan yang lebih besar.

Kista jenis ini bisa terjadi pada siapa saja, baik bagi wanita yang tidak tengah hamil atau bahkan pada ibu hamil. Lantas, apakah kista ini berbahaya jika terjadi pada ibu hamil? Sebenarnya kista jenis ini tidak akan berbahaya, bahkan tidak memerlukan pengobatan secara insentif. Namun jika kista ini semakin hari semakin membesar, sebaiknya ibu hamil yang mengalami gangguan ini juga segera menghubungi dokter agar segera di tangani dan agar tidak berbahaya pada janin yang ada di dalam kandungan.

Related Posts

Share This