Anjuran Bagi Wanita Karir Saat Hamil

Bagi sebagian wanita, berkarir merupakan hal yang penting karena dunia kerja bukan hanya untuk kaum pria saja melainkan wanita juga berhak terlibat. Banyak hal yang harus dilakukan oleh wanita karir selama menjalani kehamilan. Salah satu hal yang sangat dianjurkan yaitu menjaga kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan. Kesehatan tubuh ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Wanita Karir Hamil

Kondisi kesehatan yang bermasalah pada waktu hamil bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Bagi wanita hamil yang masih menjalani pekerjaan tertentu disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Selain itu, wanita karir juga harus mengetahui hal-hal yang disarankan selama menjalani kehamilan. Hal ini karena aktivitas wanita karir lebih padat bila dibandingkan wanita yang diam di rumah sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Dibawah ini Anjuran Bagi Wanita Karir Saat Hamil

Memilih pakaian yang nyaman

Hal pertama yang dianjurkan untuk wanita karir saat hamil yaitu memilih pakaian yang nyaman. Apabila kondisi perut Anda sudah mulai membesar sebaiknya memilih pakaian kantor khusus ibu hamil. faktor kenyamanan dari pakaian yang digunakan sangat penting untuk menjaga kehamilan. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa memberikan tekanan terhadap janin. Selain itu, Anda juga harus memilih pakaian yang berbahan dasar katun supaya tidak panas dan tidak mudah berkeringat.

Memperbanyak minum air putih

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selama bekerja dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Namun apabila Anda merasa bosan maka bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang rendah gula. Kekurangan cairan pada waktu hamil bisa menyebabkan dehidrasi sehingga membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, konsumsilah air putih secara rutin selama Anda bekerja.

Mengkonsumsi cemilan sehat

Ibu hamil biasanya lebih mudah lapar, terlebih lagi ketika bekerja. Maka dari itu disarankan bagi ibu hamil untuk membawa cemilan sehat ke kantor. Cemilan yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu roti gandum, biskuit, buah-buahan dan makanan sehatĀ  lainnya. Cemilan sehat sangat berguna untuk wanita karir yang sedang hamil dalam menunjang kesehatan tubuh dan janin.

Perhatikan posisi pada waktu bekerja

Pastikan posisi Anda selama bekerja benar-benar nyaman. Kursi yang Anda gunakan tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu pendek karena membuat Anda tidak nyaman. Pada waktu duduk sebaiknya jangan menggantung kaki karena bisa menyebabkan pembengkakan dan kram. GUnakanlah kursi kecil sebagai sandaran kaki Anda. Apabila pekerjaan yang Anda lakukan mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama maka usahakan untuk berdiri dan beristirahat setiap dua jam sekali untuk menghindari kram.

Pilihlah menu makan siang yang sehat

Pada waktu makan siang, pilihlah menu makanan yang sehat dan bergizi untuk menunjang Anda beraktivitas dan menjaga kesehatan janin. Hindari makanan yang pedas dan terlalu asam karena bisa mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Lengkapilah menu makan siang Anda dengan mengkonsumsi sayur, daging dan makanan bergizi lainnya dalam porsi seimbang dan tidak berlebihan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan cairan bisa mengkonsumsi jus buah.

Jangan terlalu cape

Bagi wanita yang sedang hamil, istirahat yang cukup adalah sebuah keharusan yang tidak boleh diabaikan. Duduk terlalu lama di depan meja kerja bisa mengakibatkan sirkulasi darah terhambat. Maka dari itu, ibu hamil tidak boleh terlalu cape pada waktu bekerja. Sempatkanlah waktu istirahat di sela-sela pekerjaan Anda. Untuk meregangkan otot-otot kaki, Anda bisa berjalan sambil menyerahkan beberapa dokumen ke rekan kerja yang lain. Berjalan bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan meregangkan otot kaki.

Related Posts

Share This