Anda Wajib Tahu 4 Manfaat Kedelai yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kedelai. Kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat lengkap. Bahkan, kedelai juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga sangat baik untuk membantu program diet Anda. Bukan hanya itu, ketika Anda mengkonsumsi kedelai secara teratur juga mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, serta mampu mengurangi kadar koleterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Kedelai sendiri merupakan protein nabati yang mana memiliki kandungan semua asam amino esensial yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai juga merupakan salah satu makanan sumebr gizi dengan jumlah yang cukup banyak jika dibandingkan dengan mangan, selenium, tembaga, kalium, fosmor, besi, magnesium dan masih banyak lagi. Bahkan, kedelai ini juga kerap kali di gunakan sebagai bahan makanan yang diolah menjadi tahu, tempe, susu, miso, bahkan produk pengganti daging.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis manfaat yang dimiliki oleh kedelai yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Penyakit Jantung

Kedelai bisa Anda konsumsi sebagai pengganti protein hewani, yang mana bermanfaat untuk mengurangi kadar koleterol jahat dalam tubuh, dan hal ini bisa mengurangi resiko munculnya penyakit kardiovaskular. Bukan hanya itu, kedelai ini juga sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan lemak tidak jenuh yang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Menopause

Kedelai sendiri sangat kaya akan kandungan isoflavon yang mana mampu membantu Anda dalam mengurangi resiko terjadinya menopause dini, seperti hot flashes. Dengan Anda mengkonsumsi produk olahan kedelai secara rutin, maka dipastikan Anda akan terhindar dari resiko menopause dini yang umumnya terjadi pada kaum wanita.

3. Kanker Payudara

Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa mengkonsumsi kedelai atau produk olahan kedelai seperti tahu, tempe atau bahkan susu kedelai juga bisa mengurangi resiko terjaidnya kanker payudara yang umumnya dialami oleh kaum wanita. Mengapa demikian, karena ketika itu kadar esterogen mampu merangsang pertumbuhan serta multiplikasi payudara serta sel-sel kanker payudara.

4. Osteoporosis

Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang mampu membantu tubuh untuk menyerap kalsium dalam waktu yang singkat, serta mampu mencegah hilangnya masa tulang. Dengan Anda mengkonsumsi produk olahan dari kedelai, terutama susu kedalai, maka setidaknya Anda bisa memperoleh manfaat dari susu protein nabati yang jelas sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda jika di bandingkan dengan susu biasanya.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat yang pastinya akan Anda peroleh ketika Anda mengkonsumsi kedelai atau bahkan produk olahan kedelai. Di samping itu, Anda juga harus rutin untuk berolahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik dan seimbang. Karena olahraga juga merupakan salah satu bentuk kegiatan yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan guna menjaga kesehatan tubuh.

Related Posts

Share This