Anda Takut Terkena Penyakit Batu Ginjal? Berikut Ini Tips Untuk Menghindarinya

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Bahkan penyakit yang satu ini sering dikategorikan sebagai silent killer karena gejalanya seringkali terlihat pada stadium lanjut. Pada dasarnya gejala yang menonjol yaitu rasa sakit pada bagian punggung bawah, nyeri saat kencing, air kencing berdarah, infeksi pada saluran kencing, sering muntah dan juga sakit perut yang bersifat abnormal.

Masalah batu ginjal sebenarnya muncul akibat dari kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat. Upaya untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut tidak lain dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat seperti mengutamakan konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Nah, selain itu untuk menghindari penyakit batu ginjal, berikut ini tipsnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Langkah terbaik dalam upaya untuk menghindari serangan batu ginjal yaitu dengan memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Cara mudahnya yaitu perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari atau setara dengan hitungan 2 liter. Terlebih lagi jika Anda sering berolahraga atau melakukan aktivitas yang menguras keringat maka sebaiknya pastikan bahwa tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Jangan Terlalu Berkeringat

Olahraga dan sauna memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi kebiasaan tersebut ternyata bisa memicu adanya gangguan pada batu ginjal. Hal ini karena jika kita berkeringat lebih banyak maka akan menyebabkan produksi urin menurun sehingga lama kelamaan kondisi ini menjadi pemicu adanya batu ginjal.

Kurangi Konsumsi Makanan Banyak Garam dan Protein Hewani

Jika Anda mulai mengurangi makanan yang banyak garam dan mengandung protein hewani maka hal sudah termasuk tindakan untuk menghindari risiko terkena gangguan batu ginjal. Pada dasarnya makanan yang mengandung banyak garam akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih ekstra sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada ginjal. Jika hal ini sudah terjadi maka kemungkinan risiko timbulnya batu ginjal kronis akan menghampiri Anda.

Mulai Kurangi Makanan Yang Mengandung Oksalat Tinggi

Apabila Anda lebih cenderung terjadi pembentukan batu kalsium oksalat maka dalam hal ini biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menghindari jenis-jenis makanan tersebut. Jenis makanan tersebut diantaranya yaitu produk kedelai, cokelat, ubi jalar, kacang-kacangan dan juga lobak.

Membatasi makanan yang mengandung oksalat akan menghindarkan Anda dari risiko berbahaya terkena penyakit kelainan ginjal yang berbahaya dan bahkan mematikan. Pastikan jenis makanan yang Anda konsumsi benar-benar aman jika memang Anda memiliki kecenderungan terhadap risiko gagal ginjal.

Pada dasarnya solusi untuk semua masalah kesehatan adalah berlaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Jika dikaitkan dengan peribahasa memang benar adanya, apa yang kita buat hari ini maka akan menuai hasilnya dikemudian hari. Nah, begitupun kesehatan, jika kita ingin selalu dalam keadaan sehat maka berlaku hidup sehatlah mulai saat ini dan untuk selamanya.

Gangguan pada ginjal bisa terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia. Mulai terapkan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih, konsumsi buah-buahan, hindari jenis minuman yang mengandung alcohol, kafein dan jenis minuman tidak sehat lainnya. Disamping itu, lakukan olahraga secara wajar dan jangan terlalu keras karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh akan menstimulus untuk kinerja ginjal yang lebih berat. Ujung-ujungnya serangan gagal ginjal bisa terjadi dengan kondisi yang terbilang sangat parah dan bahkan membahayakan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517