Anda Susah Tidur Malam Hari? Praktekan Teknik Pernapasan 4-7-8

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting untuk mengistirahatkan tubuh dari segala kegiatan. Semua orang tentunya membutuhkan waktu tidur yang cukup supaya tubuh kembali bugar esok harinya dan bisa kembali memulai aktivitas. Waktu tidur per hari yang direkomendasikan adalah 8 jam. Waktu tersebut terbilang sangat ideal untuk kesehatan. Kekurangan waktu istirahat terutama tidur akan berdampak terhadap kesehatan tubuh. Namun seringkali banyak sekali kendala yang menyebabkan seseorang susah tidur. Hal inilah yang menjadi awal kesehatan terganggu.

Membiasakan pola tidur yang teratur setiap malam adalah langkah awal untuk kesehatan. Sebaiknya Anda jangan pernah membiasakan untuk begadang atau tidur larut malam. Biasakan untuk tidur tidak lebih dari jam 10 malam. Waktu tidur yang ideal akan membuat Anda lebih bugar ketika terbangun di malam hari dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Jika dikaji lebih jauh lagi, banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang susah tidur. Salah satunya yaitu dari faktor makanan, minuman, ataupun kondisi psikis seperti stress. Perlu Anda ketahui bahwa minuman yang berkafein yang dikonsumsi pada malam hari bisa mempengaruhi pola tidur sehat Anda. Selain itu, stress akibat banyaknya masalah atau pekerjaan yang menumpuk tentunya juga bisa berpengaruh terhadap tidur.

Solusi untuk mengatasi susah tidur memang bukan hal yang sulit, Anda hanya perlu menghindari faktor penyebabnya. Dengan begitu maka pola tidur yang baik akan Anda rasakan. Disamping itu, ada cara atau teknik yang bisa Anda praktekan jika kerap kesulitan tidur pada malam hari. Sangat sederhana sekali yaitu dengan melakukan teknik pernapasan.

Kini ada solusi baru yang bisa dipraktekan untuk mengatasi permasalahan susah tidur yaitu teknik pernapasan 4-7-8. Teknik pernapasan ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr Andrew Weill dari Arizona. Teknik ini terinpirasi dari latihan yoga yang tidak memerlukan peralatan dan juga waktu yang banyak. Teknik ini juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tak terbatas ruang maupun waktu.

Dr Weill mengklaim bahwa teknik ini bisa membuat orang mengantuk lebih cepat karena tubuh mereka menjadi rileks dengan teknik pernapasan. Dengan kata lain bahwa teknik pernafasan 4-7-8 menjadi obat penenang yang alami untuk sistem saraf tubuh sehingga stress dan ketegangan berkurang dan bisa tidur dengan nyenyak.

Berikut Ini Teknik Pernafasan 4-7-8

Ada beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh menjadi rileks sehingga stress perlahan menghilang. Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah berikut ini dan semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan susah tidur!

  1. Langkah pertama yaitu dengan posisikan bagian ujung lidah di atap mulut yaitu tepatnya di area gusi atas gigi Anda
  2. Buang nafas dengan cukup kuat dari mulut sampai terdengar bunyi mendesing
  3. Selanjutnya tutup mulut dan tarik nafas secara perlahan melalui hidung dalam 4 hitungan
  4. Tahan napas dan hitung hingga 7
  5. Buang napas melalui mulut dalam satu napas dan buat suara mendesing selama 8 detik
  6. Tarik napas lagi dan ulangi teknik tersebut.

Nah, itu langkah-langkah untuk melakukan teknik pernafasan 4-7-8 yang bisa Anda praktekan. Mudah bukan? Teknik pernapasan ini berguna untuk mengambil lebih banyak lagi oksigen sehingga membuat saraf didalam tubuh menjadi lebih rileks. Dengan kata lain cara ini untuk menyeimbangkan sistem saraf yang stress. Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur malam, cobalah praktekan teknik pernafasan ini! Semoga bermanfaat dan membantu!

Related Posts

Share This