Anda Sering Cegukan? Waspadai Gejala Penyakit Ini!

Cegukan merupakan salah satu hal yang umum dialami oleh setiap orang, baik bayi, anak-anak, remaja atau bahkan orang dewasa. Cegukan ini umumnya akan terjadi ketika Anda terlalu cepat makan atau ketika Anda mengkonsumsi lakohol dalam jumlah yang banyak. Namun, penting untuk Anda ketahui, karena ada kalanya cegukan yang Anda alami ini merupakan pertanda adanya suatu penyakit tertentu yang menyerang tubuh Anda.

Dan cegukan yang wajib untuk Anda waspadai yaitu cegukan yang memang disertai dengan gejala lainnya, misalkan seperti cegukan yang disertai dengan demam, nyeri bahkan sesak napas. Dan kondisi ini bisa diperkirakan merupakan gejala penyakit seperti di bawah ini:

1. Asam refluks

Kembung serta heartburn atau munculnya rasa panas di bagian dada bisa mengiritasi bagian diafragma Anda. Gangguan sistem pencernaan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab utama cegukan yang memang sulit untuk reda. Namun kabar baiknya yaitu, jika gangguan asam refluks tersebut bisa hilang dengan sendirinya, maka cegukan yang Anda alami juga akan ikut menghilang.

2. Gangguan saraf

Penyebab lain Anda cegukan yaitu karena adanya spastik diafragma yang berkaitan dengan adanya kerusakan saraf vagus. Kondisi ini sebenarnya memiliki sifat sementara. Bahkan, pada dasarnya semua hal yang memang berkaitan dengan adanya gangguan saraf di sekitar leher, dada, tenggorokan juga perut bisa menimbulkan cegukan yang sulit untuk berhenti.

3. Gejala stroke

Bukan hanya itu, hal lainnya yang memang lebih serius dari penyebab cegukan yaitu adanya gejala stroke, terutama pada kaum wanita. Bukan hanya cegukan, karena biasanya cegukan ini disertai dengan rasa nyeri di bagian dada, kebas, bahkan pandangan akan berubah menjadi kabur. Namun, ketika cegukan ini semakin parah, biasanya kita tidak akan menyadari adanya tanda lainnya.

4. Gangguan fungsi ginjal

Ada banyak sekali pertanda yang memang menunjukkan kalao kondisi ginjal Anda ada dalam keadaan bermasalah. Akan tetapi, jika fungsi ginjal tersebut menurun secara perlahan, produk sisa yang memang di hasilkan oleh organ tubuh kita akan menumpuk di dalam tubuh. Dan hal inilah yang nantinya bisa membuat bagian diafragma serta saraf vagus ikut terganggu, sehingga memicu munculnya cegukan.

Nah, Anda harus mewaspadai jika cegukan yang Anda alami ini diikuti dengan rasa haus berat, adanya perubahan warna kulit, atau bahkan keadaan otot yang terus berkedud. Dan sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi ini pada dokter.

5. Hamil

Walaupun sampai saat ini masih belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, namun sebagian besar wanita mengetahui dirinya tengah hamil karena mereka sering mengalami cegukan. Adanya perubahan hormonal atau bahkan perubahan level stress yang memicu kecemasan juga bisa menjadi penyebab munculnya cegukan.

Nah, itu dia beberapa penyebab cegukan yang memang harus Anda waspadai dengan baik. Cegukan memang merupakan hal yang wajar, namun jika cegukan yang Anda alami ini berkepanjangan dan disertai dengan beberapa gejala lainnya, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya pada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517