Anda Perlu Tahu Cara Menggosok Gigi yang Salah Agar Terhindar Dari Masalah Kerusakan Gigi

Cara menggosok gigi. Gigi merupakan salah stau alat yang berperan untuk menghaluskan makanan sebelum makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam perut. Nah, jika gigi tidak Anda jaga kebersihan juga kesehatannya dengan baik, maka gigi Anda bisa rusak. Dan pastinya, Anda tidak ingin mengalami sakit gigi, bukan?

Namun sampai saat ini, banyak diantaranya orang-orang yang kerap kali melakukan kesalahan ketika menggosok gigi. Nah, di bawah ini ada beberapa kesalahan yang umumnya di lakukan oleh orang-orang dalam menyikat atau membersihkan gigi mereka, yaitu sebagia berikut:

1. Sikat dengan lembut

Banyak diantaranya orang-orang yang memang menyikat gigi mereka dengan keras juga kasar, hal ini karena mereka menginginkan gigi yang bersih, dengan begitu mereka melakukan cara tersebut. Namun pada kenyataannya jal tersebut merupakan cara yang salah, karena kebiasaan ini bisa menyebabkan erosi enemal gigi serta bisa membuat keadaan gusi menjadi terluka. Dan cara yang baik yaitu, dengan menyikat gigi secara santai juga lembut.

2. Sikat paling tidak selama 2 menit

Banyak juga diantaranya orang-orang yang asal-asalan ketika menggosok gigi, bahkan sudah selesai sebelum 1 menit, padahal bakteri yang ada di dalam mulut belum sepenuhnya dibersihkan dalam mulut. Dan sebaiknya Anda menggosok gigi selama 2 menit, dan hal ini bisa membuat gigi juga rongga mulut Anda menjadi lebih bersih.

3. Makan buah dan sayur untuk membersihkan gigi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur memang baik untuk Anda konsumsi guna membersihkan gigi secara tidak langsung. Dan cara ini juga bisa menurunkan kemungkinan munculnya plak di bagian gigi serta membantu membuang sejumlah bakteri yang ada di dalam mulut.

4. Perhatikan juga gigi geraham

Banyak juga diantaranya orang-orang yang hanya fokus untuk menyikat gigi bagian depan dan akan mengabaikan bagian gigi graham. Dan jelas itu merupakan salah satu cara menyikat gigi yang salah.

5. Jangan hanya menyikat satu arah

Ketika menyikat gigi, Anda dianjurkan untuk menyikat gigi dengan cara memutar ketasa juga ke bawah serta menyamping dengan alur yang seimbang, Namun banyak diantaranya orang-orang yang hanya menyikat gigi searah, dan hal ini tidak bisa membersihkan gigi secara keseluruhan.

6. Tunggu hingga 1.5 jam setelah makan

Ternyata, menyikat gigi secara langsung setelah Anda selesai makan juga bisa membuat gigi menjadi rusak. Hal ini dikarenakan pH mulut Anda tengah ada dalam kondisi yang rendah, dan pasta gigi merupakan bahan kimia yang sangat kuat yang bisa merusak gigi Anda.

7. Tidak mengganti sikat gigi

Sikat gigi yang memang tidak pernah di ganti selama 3 bulan juga bisa menjadikan sikat gigi sebagai sarang kuman juga bakteri. Dengan begitu, membersihkan gigi menjadi tidak efektif.

Related Posts

Share This